spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Yang Mengaku Mempunyai Karamah adalah Pendusta

Selain sihir ada juga peristiwa luar biasa yang disebut karamah, bisa dijelaskan lebih jauh?

Karamah, adalah suatu peristiwa yang tidak lazim (di luar kebiasaan) yang diberikan Allah kepada wali-waliNya yaitu orang-orang yang bertakwa.

- Advertisement -

Artinya kita tahu bahwa kaki akan basah, bila berjalan di atas air atau manusia tidak bisa terbang. Bila ada orang yang mengaku bisa berjalan di atas air tanpa terkena air sama sekali. Atau ada yang mengaku bisa terbang, maka semua ini merupakan sesuatu yang tidak lazim. Di dalam Al-Qur’an Allah menyebutkan beberapa peristiwa yang tidak lazim, misalnya berpindahnya singgasana ratu Balqis yang tinggal di Yaman ke istana Nabi Sulaiman hanya dalam hitungan detik. Ini juga tidak lazim. Namun, apakah itu karamah ataukah tidak, tergantung pada siapa peristiwa itu terjadi.

Apa syarat orang yang berhak mendapat karamah?

- Advertisement -

Untuk mengetahui apakah seseorang mendapat karamah kita perlu melihat pada kondisi orang tersebut. Bila ia orang bertakwa yang mengikuti ajaran Rasulullah dan tidak mengaku-ngaku mendapat karamah. Maka dialah orang yang sebenarnya memiliki karamah. Hasan Bashri berkata, “Orang-orang mengaku menjadi kekasih Allah (memiliki karamah), kemudian Allah menguji mereka dengan firman-Nya, “Katakan: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian.” (QS. Ali Imran: 31)

Dengan demikian ciri orang yang mendapat karamah adalah mengikuti sunah Rasulullah. Ketika kita melihat seseorang sering melakukan bid’ah, melakukan penyimpangan, suka berbuat keji lalu mengaku mendapat karamah, maka ia telah berdusta. Karena yang mendapat karamah hanyalah orang yang bertakwa, “Ingatlah sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Yunus: 62)

- Advertisement -

Karenanya Syafi’i berkata, “Bila ada yang mengaku mendapat karamah, maka ukurlah amalnya dengan Al-Quran dan hadits. Bila sesuai dengan keduanya, ia memang mendapat karamah dan bila tidak, ia adalah dajjal dan tukang sihir”

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini