spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Yang Mengaku Mempunyai Karamah adalah Pendusta

Wawancara dengan Ustadz Kholid Al-Rumi, Dosen LIPIA Jakarta

KNews.id- Manusia kebal, anti-peluru atau bisa menyembuhkan penyakit ganas tanpa operasi seringkali menghiasi wajah pertelevisian maupun media cetak. Tak terhitung pula iklan-iklan supranatural yang bertebaran di sana. Lalu, apakah benar keanehan atau keajaiban yang mereka tawarkan itu merupakan karamah ataukah merupakan bentuk permainan jin? Untuk mengetahui hal itu lebih jauh, Majalag Ghoib wawancara dengan Ust Kholid Al-Rumi, dosen LIPIA Jakarta.

- Advertisement -

Apa yang dimaksud dengan sihir?

Sihir merupakan sesuatu yang samar, diakui keberadaannya, dan dampaknya juga bisa dirasakan. Sihir merupakan fitnah sebagaimana terungkap dalam firman Allah melalui perkataan dua malaikat di Babil, “Sedang keduanya tidak mengajarkan kepada seseorang sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu) sebab itu janganlah kafir.” (QS. Al-Baqarah: 102). Karenanya Allah mengharamkan sihir. Hal ini tak lain karena tukang sihir melakukan ritual ibadah kepada selain Allah. Sedangkan peralihan ibadah kepada selain Al- lah itu termasuk syirik. Rasulullah mempertegas pengharamannya, “Bukan golongan kami, tukang sihir atau orang yang datang kepada tukang sihir.”

- Advertisement -

Dalam hadits ini Rasulullah telah berlepas diri dari tukang sihir dan orang yang datang kepadanya. Dengan demikian mereka berdua memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Karena mereka tolong menolong dalam urusan yang terlarang.

Kita mengakui keberadaan sihir. Tapi perlu diingat bahwa sihir tidak akan berpengaruh apa-apa kecuali atas idzin Allah. “Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi madhorot dengan sihirnya kepada seorangpun kecuali dengan idzin Allah.” (QS. Al-Baqarah: 102).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini