spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Kepala IKN Otorita dan Jajarannya Mundur dari Jabatannya, Dhony Rahajoe: Itu Hoax Mas

KNews.id- Geger soal Kepala IKN Otorita Bambang Susantono dan jajarannya mundur dari jabatannya. Hal itu menjadi viral karena terkait banyaknya rumors menjelang tahun politik 2024.

Namun rumor itu dibantah Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Dia menegaskan dirinya dan pimpinan lain di Otorita IKN, termasuk Kepala Otorita Bambang Susantono tidak mengundurkan diri.

- Advertisement -

Dia menegaskan, semua pihak di IKN masih bekerja sesuai tugas masing-masing. Justru, kabar yang awal mulanya diungkap Said Didu, disebut Dhony adalah sebuah hoax.

“Itu hoax mas. Semua tetap bekerja keras sepenuh hati dan sangat kompak,” ujar Dhony dikutip Minggu, (7/5).

- Advertisement -

Diketahui, rumors tersebut dihembuskan mantan Sekretaris Kementerian BUMN ini melalui akun twitter pribadinya @msaid_didu, Minggu 7 Mei 2023.

“Saya dapat info bhw scr bersama Pimpinan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) mengundurkan diri krn takut masuk penjara shg pekerjaan IKN skrg diambil alih oleh KemePUPR. Terlihat dari yg sering muncul menjelaskan ttg IKN adlh Menteri PUPR – bukan pimpunan IKN. Apakah info tsb benar?”

- Advertisement -

Namun, eks Sekretaris Menteri BUMN era Rini Soemarno itu tidak menjelaskan kabar itu dia dapatkan dari mana. Cuma yang jelas dirinya sendiri belum tahu kabar tersebut benar atau tidak. Pasalnya di akhir cuitannya Said Didu mempertanyakan apakah kabar tersebut benar.

Merespons hal itu, pengamat komunikasi politik Jamaluddin mengatakan, apa yang dicuitkan Said Didu bukan komunikasi politik karena tidak menyampaikan pesan-pesan politik yang berisi fakta. Karena itu, pesan komunikasi politik seharusnya tidak berisi nonfakta.

Dijelaskan, rumors itu pesan yang berisi hanya sedikit fakta. Muatan nonfakta justru lebih dominan. Karena itu, komunikasi politik seharusnya menghindari pesan-pesan rumors.

“Jadi, rumors bukan bagian dari teknik komunikasi politik. Rumors justru menyesatkan karena lebih dominan memuat nonfakta,” ujar Jamaluddin dikutip Senin, (8/5).

Mantan Dekan Fisip IISIP ini menambahkan, rumors memang sulit dibantah. Sebab, sumber rumors pada umumnya tidak jelas. Karena itu, kalau suatu pesan jelas sumbernya, maka tidak dapat disebut rumors.

“Target yang diharapkan dari rumors tentu banyak. Bisa saja salah satunya ingin menggagalkan IKN,” ungkap Jamaluddin.

Menurutnya, pihak yang menyebar rumors tentu tidak memperhatikan etika komunikasi. Sebab, orang tersebut menyampaikan pesan yang memuat nonfakta. Pesan-pesan yang memuat nonfakta tentu mengandung kebohongan. Orang menyampaikan kebohongan tentulah mengabaikan etika.

“Jadi, orang yang menyampaikan rumors layak diragukan etikanya. Hal itu tentunya akan menyentuh ketidaktaatan pelakunya pada etika komunikasi,” pungkasnya. (RZ/FJR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini