spot_img
Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Waspada!!..Gelombang Badai La Nina Tak Lama Lagi Akan Hantam Indonesia

KNews.id –  Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menyebut bahwa Indonesia sedang dalam ancaman datangnya gelombang badai fenomena anomali iklim La Nina. Badai besar La Nina diprediksi akan menghantam sejumlah wilayah Indonesia tepatnya pada tahun 2024 pertengahan.

Fenomena badai La Nina akan segera tiba di Indonesia pasca hampir satu tahun diterpa iklim El Nino. Kondisi cuaca Indonesia akan cenderung lebih dingin pada akhir tahun 2024 apabila dibandingkan dengan kondisi saat ini dan beberapa bulan terakhir.

- Advertisement -

Nantinya jika fenomena iklim La Nina sudah datang, curah hujan tinggi pun akhirnya muncul yang menyebabkan sejumlah kerugian seperti banjir dan badai tropis di berbagai wilayah Indonesia.

La Nina membuat angin pasat datang dari Pasifik timur ke arah barat lebih kuat sepanjang ekuator daripada hari-hari biasa. Angin pasat yang lebih kuat ini dapat mendorong massa air laut ke arah barat sehingga suhu muka laut di Pasifik timur dapat terasa lebih dingin.

- Advertisement -

Dengan kata lain Indonesia bisa berpotensi menghadirkan banyak bencana banjir, suhu udara terasa dingin saat siang hari, hingga badai tropis yang berpotensi menampakkan kemunculannya.

Fennnomena La Nina akan lebih memicu intensitas badai yang berpotensi naik sampai membuat masalah dalam hal kerugian ekonomi. Sebagai negara agraris, Indonesia jelas akan sangat merasakan kerugian dari datangnya fenomena iklim La Nina ini.

- Advertisement -

Para petani dan nelayan sangat was-was dengan kemunculan fenomena iklim La Nina ini karena bisa berpotensi menggagalkan panen. Lantas mana saja wilayah Indonesia yang diprediksi akan sangat terdampak La Nina?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan laporan terkait wilayah mana saja yang berpotensi meningkatkan curah hujan tinggi selama berlangsungnya periode La Nina:

Prediksi Curah Hujan Lebih Dari 300 mm/Bulan untuk Bulan Juni 2024 – November 2024:

  • Juni 2024 | curah hujan > 300 mm/bulan
Sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, sebagian Maluku, Maluku Utara, sebagian Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.
  • Juli 2024 | curah hujan > 300mm/bulan

Sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

  • Agustus 2024 | curah hujan > 300mm/bulan

Sebagian kecil Aceh, Sumatera Utara, kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Tengah.

  • September 2024 | curah hujan > 300 mm/bulan

Sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Tengah.

  • Oktober 2024 | curah hujan > 300mm/bulan

Sebagian Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Selatan.

  • November 2024 | curah hujan > 300 mm/bulan

Sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka belitung, Jawa Barat, Jawa tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat Daya, Papua Barat dan Papua Selatan.

(Zs/Dwy)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini