spot_img
Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Tanda Sikap Orang yang Hanya Memanfaatkan Kebaikan Hatimu

KNews.id –  Jakarta Memiliki hati yang baik dan suka menolong orang lain adalah sifat yang mulia. Namun, terkadang kebaikan hati kita bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, ada hal-hal yang perlu kita terapkan atau jadikan batasan agar tak perlu menjadi korban karena dimanfaatkan orang lain. Berikut adalah beberapa tanda jika seseorang mungkin sedang memanfaatkan kebaikan hatimu.

- Advertisement -
1. Bertepuk sebelah tangan

2. Tidak menghargai batasanmu

Orang yang memanfaatkan kebaikanmu akan terus menerus meminta bantuan atau menuntut sesuatu darimu, meskipun kamu sudah mengatakan “tidak” atau sudah memberikan batasan yang jelas seberapa jauh mereka bisa meminta tolong.

Seringkali, karena mereka tahu kamu mudah dirayu dan mudah bersimpati pada kepedihan orang lain, mereka akan menggampangkan penolakanmu. Mereka akan terus mendesakmu untuk mengiyakan permintaan mereka. Jika tak punya ketegasan, kamu akan luluh juga.

3. Membuatmu merasa bersalah

Orang yang suka memanfaatkanmu biasanya akan membuatmu merasa bersalah jika kamu menolak untuk membantu mereka. Padahal kamu tidak salah sama sekali, kamu tidak egois karena bersikap membela diri dan mengedepankan kepentinganmu.

 Mereka akan mencoba menyudutkanmu, memuji dan meninggikanmu tapi sebenarnya sedang menyindir dan menjatuhkan. Omongan mereka cenderung tidak membuatmu nyaman, dan parahnya, itu dilakukan di depan banyak orang sehingga kamu merasa tak enak hati.

- Advertisement -
4. Tidak pernah menawarkan bantuan

Jangan harapkan bantuan yang tulus dan ikhlas dari orang-orang ini. Mereka yang hanya memanfaatkan kebaikanmu tidak akan pernah menawarkan bantuan balik kepadamu, meskipun kamu tahu mereka bisa membantu dan kamu sering membantu mereka.

 Mereka merasa sudah semestinya kamu membantu mereka, dan ketika kamu butuh bantuan, mereka justru menjauh, tak bisa dihubungi atau bahkan bersikap seolah-olah tak kenal. Sebaliknya pun, jangan beri kesempatan kedua mereka untuk kembali padamu.

5. Tak pernah berterima kasih
Bukan bermaksud haus validasi, butuh dihargai atau menginginkan orang lain balas budi, tapi mengucap “terima kasih” adalah etika kesopanan dasar yang sewajarnya dimiliki orang-orang secara umum.
6. Selalu memiliki masalah
Orang yang memanfaatkan kebaikanmu selalu saja datang padamu dengan segala masalah mereka, sepertinya hidup mereka selalu bermasalah dan tak pernah beres. Dan kamulah yang selalu menjadi tujuannya untuk meminta bantuan. Jika semakin terbiasa, mereka akan selalu memintamu menyelesaikan masalah mereka dan tidak pernah terlihat berusaha untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.

7. Janji-janji palsu

Orang-orang toxic seperti ini sudah seharunya dijauhi, atau paling tidak batasi interaksinya denganmu. Jika kamu merasa ada orang yang menunjukkan tanda-tanda di atas, penting untuk mulai melindungi diri sendiri dan membatasi interaksi dengan mereka.

(Zs/F)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini