spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Mengetahui Chat WhatsApp Sudah Dibaca Tanpa Centang Biru

KNews.id –  WhatsApp memungkinkan pengguna mengetahui pesan yang dikirim sudah dibaca dengan tanda centang biru. Namun ada banyak sekali alasan untuk menonaktifkan fitur centang biru, salah satunya karena alasan privasi.

Saat centang biru dimatikan, pengirim tak akan tahu apakah pesannya sudah dibaca oleh penerima atau belum. Bagi beberapa orang, hal ini boleh jadi menjengkelkan. Tenang, karena ada cara untuk mengetahui WA sudah dibaca walaupun centang biru dimatikan.

- Advertisement -

Trik membaca pesan WhatsApp walau centang biru dimatikan ini cukup mudah. Anda bisa membuat grup WhatsApp bersama dengan orang-orang atau penerima pesan yang dituju

Fitur centang biru tak berlaku penuh di grup WhatsApp. Di grup WhatsApp, masih ada cara mengeceknya meski centang biru dimatikan. Berikut langkahnya.

  1. Buat grup WhatsApp dengan si penerima pesan yang maksud
  2. Kirimkan pesan
  3. Setelah beberapa saat, klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih opsi ‘Info’
  4. Di sana Anda bisa melihat apakah penerima sudah membaca pesan atau belum

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lain dengan mengirimkan voice note. Sebab tanda centang biru tak berlaku pada pengiriman voice note secara pribadi. Dengan menggunakan trik tersebut, Anda bisa mengetahui pesan WA sudah dibaca atau belum oleh pengguna yang tidak mengaktifkan fitur centang biru.

Meski harus ada usaha dulu membuatnya, cara ini layak dicoba untuk memastikan pesan yang Anda kirim benar-benar dibaca oleh penerima.

- Advertisement -

Cara tampak offline di WhatsApp

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa digunakan pengguna untuk menyamarkan status online di WhatsApp. Cara ini bisa Anda lakukan demi ketenangan saat chat atau saat tak ingin menggunakan WhatsApp. Status online menjadi tanda bahwa pengguna sedang aktif atau membuka aplikasi WA. Ini berarti pengguna lain bisa tahu jika Anda tak membalas pesanannya.

Cara terlihat offline bisa Anda gunakan seterusnya atau saat momen tertentu saja, seperti sedang cuti atau liburan sehingga tidak ingin diganggu oleh bos, atau mungkin alasan pribadi lainnya. WhatsApp sendiri mempunyai fitur yang bisa membuat pengguna terlihat offline meski sebenarnya sedang online.

Berikut trik yang Anda bisa lakukan.

1. Ubah Opsi Last Seen

Last Seen merupakan fitur untuk memberitahu kontak kapan terakhir kali pengguna menggunakan WhatsApp, termasuk sedang online. Anda bisa mematikan fitur ini untuk terlihat sedang offline.

Cara menonaktifkannya adalah dengan menyentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih Settings dan akun berikutnya klik Privasi. Pada menu Who Can See My Personal Info, klik Last Seen dan pilih Nobody. Opsi tersebut untuk semua orang, pada kontak yang disimpan atau tidak.

2. Matikan Centang Biru

Dengan tanda centang biru membuat Anda terlihat sudah membaca pesan yang dikirimkan. Berikut cara mematikannya:

  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp
  • Pilih Setting
  • Tekan Akun > Privasi
  • Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts
  • Centang biru sudah non-aktif

3. Sembunyikan Status

Untuk tampil offline, Anda juga bisa menyembunyikan status. Yakni mengatur siapa saja yang bisa melihatnya. Caranya tekan opsi titik tiga di bagian kanan atas > Privasi > Status.

Berikutnya Anda akan melihat pilihan pada siapa Status dibagikan, ada “Kontak Saya”, “Kontak Saya Kecuali…”, dan “Hanya Bagikan Dengan…”. Pilih sesuai yang diinginkan.

4. Buat Status

Selain menyembunyikannya, Anda juga bisa membuat status yang menyatakan untuk tidak diganggu selama dalam jangka waktu tertentu.

Caranya buka menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About.

Setelah itu klik ikon pensil, dan tuliskan status untuk memberitahu orang lain jika akun tersebut akan offline dalam waktu tertentu. Terakhir jangan lupa klik Save.

5. Matikan Background Data

WhatsApp bekerja di background dan membuat kamu terus menerima pesan. Anda bisa mematikan Background Data untuk menghindari ini, tetapi perlu diingat cara ini hanya berlaku untuk Android.

Cara untuk menonaktifkannya adalah dengan membuka Settings, berikutnya buka opsi data, dan pilih nonaktifkan Background Data.

(Zs/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini