Presiden Jokowi Akan Melanjutkan Bansos Hingga Desember 2024
1 min read

Presiden Jokowi Akan Melanjutkan Bansos Hingga Desember 2024

KNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan bantuan pangan atau bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram hingga Desember 2024. Produksi beras dalam negeri menjadi prioritas.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah akan memprioritaskan beras dalam negeri. Menurutnya, pembangunan infrastruktur selama ini sudah bisa mendorong produksi pangan dalam negeri.

“Oh iya (bansos beras dilanjutkan) bulan 8, 10, dan 12,” kata Arief di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6). “Enggaklah (tambahan impor), kita kalau bisa produksi dalam negeri, pokoknya nomor satu,” imbuhnya.

Arief menjelaskan perpanjangan bansos beras kali ini berbeda. Pemerintah tak lagi menyalurkan bantuan sebulan sekali. Bansos beras kali ini dikurangi menjadi dua bulan sekali. Arief menyebut kebijakan ini diambil demi penghematan anggaran.

“Kan ada pertimbangan dari menteri keuangan untuk prioritas-prioritas program kan,” kata Arief.

Jokowi sebelumnya memutuskan untuk melanjutkan bansos beras 10 kilogram. Pemerintah menyiapkan Rp9 triliun untuk bantuan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat. Jumlah itu setara 89 juta orang penduduk. Ia beralasan harga pangan naik meski tak setinggi di negara lain.

“Kita ini termasuk masih rendah, ada yang naik tinggi sekali. Ini patut kita syukuri bahwa kita naiknya tidak drastis. Ada yang 50 persen, ada yang dua kalinya. Jadi di Indonesia beras masih bisa kita kendalikan,” ujar Jokowi saat memberikan bantuan pangan di Komplek Laende, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5) lalu.

(Zs/cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *