spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Prabowo Balas Sindiran Anies Soal Gibran, Pemimpin Harus Dewasa

KNews.id – Calon presiden Prabowo Subianto membalas sindiran kompetitornya, Anies Baswedan, soal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam acara debat capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. Anies sempat menyinggung proses pencalonan Gibran yang dianggap menekuk hukum demi kepentingan penguasa.

Prabowo membalas sindiran Anies itu dengan meminta agar setiap anak bangsa tak perlu saling menghasut, mencela, dan menghina. Dia mengatakan negara ini memerlukan kesejukan, ketenangan, dan kerukunan.

- Advertisement -

“Demi rakyat yang kita cintai,” ucap Prabowo dalam pemaparan visi-misinya. Negara ini, menurut Prabowo, merupakan negara majemuk dengan ratusan kelompok etnis dan berbagai agama besar. Dia mengatakan pemimpin harus sejuk untuk mengelola kemajemukan itu.

“Pemimpin harus dewasa,” ujarnya.

- Advertisement -

Tanpa sempat memberikan salam penutup, Prabowo segera mengakhiri pidatonya. Dia mengangkat hormat ala prajurit, lantas balik kanan menuju tempat duduk. Di sana, dia melakukan tos dengan Gibran Rakabuming Raka yang merupakan cawapres pendampingnya.

Sindiran dari Anies

Dalam pemaparan visinya, Anies Baswedan berbicara soal hukum yang menjadi rujukan utama untuk memastikan hadir rasa keadilan, memberikan kebermanfaatan, dan memberikan kepastian kepada semua masyarakat.

- Advertisement -

“Tapi apa yang terjadi? Banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan yang sedang memegang kekuasaan,” kata Anies.

Calon presiden dari Koalisi Perubahan ini pun menyatakan Indonesia memiliki seorang milenial yang bisa menjadi cawapres. Namun, kata dia, keistimewaan tersebut tidak berlaku bagi kebanyakan orang-orang muda di Indonesia.

“Hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden, tetapi ada ribuan di dunia generasi Z, yang peduli pada anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan,” ucap dia.

Akan tetapi, kata Anies, orang-orang muda lainnya justru sering dihadapkan dengan kekerasan ketika mereka mengungkapkan pendapat dan mengkritik pemerintah.

Debat capres dan cawapres malam ini merupakan yang pertama dari lima rangkaian yang telah disusun oleh KPU menghadapi Pilpres 2024. Debat capres pertama ini mengambil tema soal pemerintahan, hukum, hak asasi manusia atau HAM, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

Selain Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, debat capres hari ini juga diikuti oleh calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo. Para calon wakil presiden lainnya pun ikut hadir dalam debat ini. Mereka adalah Muhaimin Iskandar yang mendampingi Anies dan Mahfud Md yang mendampingi Ganjar.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini