PDIP Sebut Nama-nama Untuk Maju di Pilgub Jabar, Diantaranya Rieke Diah Pitaloka
2 mins read

PDIP Sebut Nama-nama Untuk Maju di Pilgub Jabar, Diantaranya Rieke Diah Pitaloka

KNews.id – Jakarta – PDIP disebut-sebut dukung beberapa nama untuk maju di Pilgub Jabar 2024. Di antaranya Rieke Diah Pitaloka dan Ono Surono setidaknya sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat. Berikut rekam jejak dan profil kedua politisi tersebut.

Profil Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka memiliki latar pendidikan sebagai lulusan Sastra Belanda (1994-2000),, Filsafat (2001-2004), dan Komunikasi (2019-2023) di Universitas Indonesia (UI). Sebelum terjun ke dunia politik, ia menggeluti dunia seni dengan bermain peran dalam film ataupun serial televisi.

Dalam pengalamannya berorganisasi, Rieke saat ini menjadi ketua Yayasan Pitaloka dari 2006 sampai sekarang. Selain itu, sejak 2008 sampai saat ini ia sedang menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Ia pun menyandang sebagai Duta Migrant ILO dan SBMI pada  2007. Rieke juga tergabung dalam Greenpeace sejak 2006 dan Indonesia Rumah Rakyat.  Di ranah kementerian, Rieke pernah tergabung dalam Kementerian Lingkungan Hidup sebagai Duta Insan Berwawasan. Selain itu, ia juga pernah menjadi Duta Energi Yayasan Sundaya.

Sebagai aktivis, Rieke tergabung ke dalam beberapa pergerakan. Seperti Aliansi Pro Demokrasi Anti Militerisme  Universitas Indonesia tahun 1998-2003. Ia juga tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa ‘96 dan ‘98. Pergerakan lainnya seperti pergerakan perempuan, pergerakan buruh migrant, aktivis lingkungan, dan aktivis HAM.

Profil Ono Surono

Ono Surono saat ini menjabat sebagai anggota DPR sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  PDI Perjuangan Jawa Barat. Pria lulusan Universitas Trisakti Jakarta dan Sekolah Tinggi Teknologi Cierebon itu menggluti kiprah yang cukup banyak di partai ini. Ia pernah menjadi wakil ketua DPD PDIP Jabar sebelum menduduki jabatannya yang sekarang.

Di ranah Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Ono Surono pernah menjadi wakil ketua DPC PDIP Kabupaten Indramayu pada tahun 2005 sampai 2010. Ia juga pernah menjabat sebagai sekretariat DPC PDIP Kecamatan Indramayu pada tahun 2004 sampai 2005.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara DPC PDIP Kecamatan Indramayu pada tahun 2000 sampai 2004. Jabatan yang sama ia duduki di Pengurus Anak Cabang PDIP Kecamatan Indramayu tahun 1998 sampai 2000.

Ono Suryono juga banyak menduduki jabatan ketua dalam pergerakan nelayan. Yang terbaru, Ono Suryono menjabat sebagai Ketua Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) pada tahun 2016 hingga 2020. Bersamaan dengan itu, ia juga menjabat sebagai Ketua Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) tahun 2015-2020.

Pada 2012 sampai 2017, ia menjabat sebagai Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia. Jabatan ketua lainnya yaitu Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (2010-2015) dan Ketua Kompartemen Perikanan dan Kelautan Indramayu (2009-2012). Ia juga pernah tergabung dalam Dewan Pakar Dewan Koperasi Indonesia dan BPC HIMPI Kabupaten Indramayu.

Rieke Diah Pitaloka dan Ono Suryono disinyalir akan dipasangkan dengan Ridwan Kamil sebagai calon Wakil Gubernur Jabar. Hal ini dikarenakan PDIP menyatakan peluang membuka koalisi dengan partai politik di Koalisi Indonesia Maju.

(Zs/tmp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *