spot_img
Rabu, Mei 8, 2024
spot_img

Awan Kelabu di Eropa: Ancaman Krisis yang tidak Berkesudahan

Dampak Bagi Indonesia
Melihat badai ekonomi di Eropa yang ada di depan mata, banyak pihak mengkhawatirkan akan dampak negatif bagi Indonesia. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memberikan peringatan akan potensi sulitnya kondisi ekonomi di tahun mendatang. Masyarakat diminta untuk bersiap-siap akan adanya badai yang menerpa perekonomian tahun depan.

Kesadaran pemerintah akan potensi bahaya ini patut diapresiasi. Akan tetapi, kita tidak boleh berhenti pada apresiasi tanpa pengawasan lebih lanjut atas kebijakan untuk menghadapinya. Kita harus lebih keras mengkritik pemborosan keuangan negara untuk proyek-proyek yang dibangun dengan alasan politik ketimbang ekonomi. Di saat yang sama, pemerintah juga harus menjaga momentum pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dengan memastikan program-program yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar tidak dikorupsi.

- Advertisement -

Setidaknya ada tiga hal yang membuat kita dapat lebih optimis menatap tahun depan sembari tetap menjaga kewaspadaan. Pertama, kondisi ekonomi Indonesia berbeda dengan Eropa. Inflasi di negara berkembang seperti Indonesia, meski persentasenya juga cukup tinggi, tidak dapat disamakan dengan inflasi di Eropa dan AS. Sebab, pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga masih berjalan cukup tinggi.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini