spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Ubah Nama JakLingko Jadi Mikrotrans, Heru Budi Dinilai Blunder, Putri NTT: Itu Ada Dimensi Kebudayaannya

KNews.id – Sejumlah karya Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta satu per satu diubah oleh Pj Gubernur Heru Budi Hartono. Terbaru, Heru mengganti nama JakLingko menjadi Mikrotrans.

Kebijakannya itu pun menuai protes. Publik pun turut menanggapi dan geram atas penggantian nama JakLingko menjadi Mikrotrans itu diduga untuk menghapus jejak Anies.

- Advertisement -
Salah satu yang ikut mengomentari yaitu Putri NTT, Hana Charista Kusa, terkait JakLinko di Jakarta. Komentar Hana dalam video tersebut diunggah oleh akun @munirtimur dilansir Rabu, 26 Juli 2023. Menurut dia, dalam melakukan pembangunan di Jakarta, Heru Budi seharusnya melihat dari segala aspek tidak hanya soal fisik.

“Pembangunan itu ga melulu cuma fisik, ga ada filosofinya,” kata Hana. Nenurut dia, JakLingko itu ada dimensi kebudayaannya. Lingko diambil dari bahasa Manggarai-Flores. Merupakan sebuah sistem pembagian sawah yang berbentuk jejaring seperti laba-laba di Kabupaten Manggarai-NTT.

“Hati ingin menghilangkan jejak Anies, tapi kelihatan anti budaya,” tegasnya. Hana juga menyarankan agar Heru sadar diri karena dia hanya penjabat gubernur yang sama sekali tidak dipilih oleh rakyat.

Sementara itu, menurut Munir, Heru telah blunder dengan berbagai kebijakannya mengganti nama Jak Lingko. “Jakarta adalah ibukota negara. Sebagai episentrum budaya nasional. Sebagai miniatur Indonesia. Bahasa apapun boleh digunakan dalam filosofi pembangunan Jakarta,” tulisnya.

- Advertisement -

PT Transportasi Jakarta melalui akun resminya angkat bicara soal pergantian nama Jak Lingko menjadi Mikrotrans. Menurutnya, adanya perubahan tersebut semata-mata bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Jak Lingko dan Mikrotrans terdapat perbedaan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini