spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Media Asing: Rencana Ambisius untuk Membangun Ibu Kota Baru di Indonesia Berantakan!

Titik Nol

Jauh di bagian timur hutan Kalimantan, sebuah tanda dalam Bahasa Indonesia menandai “Titik Nol Nusantara.” Akses jalan telah dibuat dan beberapa lahan telah dibersihkan. Seorang kontraktor lokal telah disewa untuk membangun istana kepresidenan, di mana Jokowi akan merayakan peringatan 79 tahun kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

- Advertisement -

Jokowi mengatakan bulan lalu bahwa pekerjaan pembangunan istana dan gedung pemerintah lainnya akan dimulai pada bulan Desember. Sebuah bendungan juga akan selesai pada bulan Januari. Tapi ada keraguan apakah ada dana untuk menutupi pekerjaan ini.

“Tantangan sebenarnya sekarang adalah bagaimana mencari uang untuk mewujudkan kesan artistik,” kata Melinda Martinus, peneliti utama bidang sosiokultural di ISEAS-Yusof Ishak Institute, lembaga think tank yang berbasis di Singapura.

- Advertisement -

“Ini adalah proyek jangka panjang. Kami pasti tidak akan melihat apa yang telah dimasukkan ke dalam rencana induk dalam waktu dekat.

Kembali pada Januari 2020, pendiri SoftBank Group Masayoshi Son adalah salah satu dari sedikit investor asing awal yang menyatakan minatnya pada proposal kota ramah lingkungan yang didukung oleh kecerdasan buatan. Dia kemudian bergabung dengan komite pengarah Nusantara, bersama dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed Al Nahyan dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini