spot_img
Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Harapan Pramono Anung soal Figur Sekretaris Kabinet Prabowo-Gibran

KNews.id – Jakarta – Sekretaris Kabinet Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Pramono Anung menyampaikan harapannya untuk orang yang akan meneruskan posisinya di kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Pramono, ada kriteria-kriteria khusus yang perlu dimiliki pejabat sekretaris kabinet (Seskab) agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Pramono mengutarakan kriteria tersebut dalam rapat bersama Komisi II DPR RI di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024. “Kami mendoakan mudah-mudahan Sekretariat Kabinet yang baru adalah yang memang memahami apa yang menjadi tugas pokok Seskab,” kata Pramono dalam rapat tersebut.

- Advertisement -
Pramono mengatakan sosok yang menduduki kursi sekretaris kabinet harus memahami begitu banyak hal di seluk-belum pemerintahan. Sebab, kata dia, Sekretariat Kabinet bertugas mengurusi semua Keputusan Presiden (Keppres) yang berkaitan dengan eselon I dan pejabat-pejabat tinggi pemerintahan.

Selain itu, ada tugas yang berkaitan dengan para menteri kabinet. “Sehingga tugasnya tidak ringan, termasuk persetujuan Permen (peraturan menteri) dan sebagainya,” ucap Pramono.

Maka dari itu, Pramono berharap orang yang ditunjuk Prabowo menjadi sekretaris kabinet adalah sosok yang memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang kenegaraan. Kriteria itu, kata dia, berlaku juga untuk calon menteri sekretaris negara di kabinet Prabowo.

- Advertisement -
“Kami mengharapkan mudah-mudahan orang yang punya pengalaman baik di DPR maupun di eksekutif yang menjadi Sekretariat Kabinet atau yang menjadi menteri yang ada di Istana,” kata Pramono.

Dalam rapat kali ini, Pramono juga ikut membahas rancangan anggaran Sekretariat Negara untuk 2025. Dia meminta kenaikan sebesar Rp 164,3 miliar dari pagu indikatif Rp 428,94 miliar kepada Komisi II DPR. Dihitung total, Pramono meminta agar anggaran Setkab naik menjadi Rp 593,24 miliar.

Pramono pun meminta agar usulan itu dapat dipenuhi DPR. “Kami mengusulkan adanya tambahan anggaran 2025 dan usulan itu bukan bagi pemerintahan ini atau bagi kami pribadi atau Sekretariat Kabinet yang ada sekarang ini, tapi untuk pemerintahan baru ke depan,” kata dia.

- Advertisement -

Adapun usulan kenaikan yang disampaikan Pramono memiliki beberapa alasan. Di antaranya kepindahan Sekretariat Kabinet beserta sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dan acara-acara kenegaraan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga untuk membiayai tugas baru Setkab.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini