spot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Apa Iya?.. LSI Denny JA: Elektabilitas Anies Turun Usai Deklarasi dengan Cak Imin

KNews.id –  Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas capres Anies Baswedan menurun setelah mendeklarasikan diri berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal cawapres.
Direktur LSI Adjie Alfaraby mengatakan elektabilitas Anies turun sebesar 5,2 persen. Semula elektabilitas Anies berada di angka 19,7 pada bulan Agustus menjadi 14,5 persen pada bulan September.

“Pasca memilih Cak Imin sebagai cawapres justru elektabilitas Anies menurun dari Agustus 19,7 persen turun ke 14,5 persen,” kata Adjie dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube resmi LSI Denny JA.

- Advertisement -

Adjie menyebut terdapat dua faktor yang menyebabkan elektabilitas Anies turun berpasangan dengan Cak Imin.

Anies Buka Suara soal Angka-angka Survei Masih di Bawah Prabowo-Ganjar
Kedua faktor tersebut yakni kritik keras yang dilontarkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Anies usai memilih Cak Imin dan elektabilitas Cak Imin yang cenderung rendah dibanding AHY.

- Advertisement -

“Kritik-kritik keras ini yang kemudian beredar luas sehingga ini juga yang mengganggu elektabilitasnya Pak Anies,” jelas Adjie.

“Kedua adalah kalau kita lihat secara personal memang Cak Imin ini kalah populer dibanding AHY sebagai cawapres,” imbuhnya.

- Advertisement -

Penurunan elektabilitas Anies tersebut kontras dengan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan pada bulan September.

Prabowo mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 3,6 persen menjadi 39,8 persen di September dari 36,2 persen di Agustus.

Sementara itu, Ganjar mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 2,1 persen menjadi 37,9 persen di September dari 35,8 persen di Agustus.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden dengan metode multi-stage random sampling dan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka serta menggunakan kuesioner.

Survei dilakukan pada tanggal 4 hingga 12 September dengan margin of error sebesar lebih kurang 2,9 persen.

Sementara, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebut banyak pemilih Anies Baswedan di Jawa Timur (Jatim) yang iman politiknya masih lemah.

“Di Jawa Timur pemilih Anies Baswedan dari 14 persen [total suara], 41,8 persen itu mengaku sangat atau cukup besar kemungkinannya untuk mengubah pilihan. Pendukung Anies masuk dalam kategori pemilih yang iman politiknya masih lemah,” tutur Burhanuddin Muhtadi, Peneliti Utama Indikator dalam sebuah acara daring.

Burhanuddin Muhtadi menjelaskan mereka yang mengatakan kecil kemungkinannya untuk mengubah pilihan dalam survei itu disebut dengan pemilih kuat atau strong voters.  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini