spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Zulhas Usul Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta saat Pertemuan Jokowi dan Ketum Partai: Semua Setuju

KNews.id – Jakarta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengakui adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan ketua umum (ketum) partai pendukung pemerintah pada akhir Mei 2024. Pertemuan tersebut membahas soal inflasi dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Oh iya bicara namanya ketua umum parpol ketemu, bicara macam-macamlah. Tapi yang dibahas itu inflasi. Ya juga bicara soal pilkada,” kata Zulhas kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

- Advertisement -

Zulhas menyebut dirinya mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2023. Menurut dia, usulan tersebut disetujui oleh para ketua umum partai yang hadir dalam pertemuan.

“Ya saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju,” ujarnya.

Saat ditanya apakah Kaesang akan mendampingi Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta 2024, Zulhas menyebut hal tersebut belum diputuskan. Hanya saja, dia mengatakan para ketua umum partai membutuhkan Kaesang agar dapat menang di Pilkada.

“Ya saya kira pak. Saya lapor waktu itu kan Pak Presiden kalau Kaesang boleh enggak? Pak presiden bilang jangan ya. Tapi kan partai-partai perlu,” tutur dia.

- Advertisement -

“Iya tapi kan partai-partai perlu kan? Perlu apa? Agar bisa menang,” sambung Zulhas.

Dia menilai Ridwan Kamil tak mempersalahkan sosok yang akan mendampinginya di Pilkada Jakarta 2024, asalkan dapat membawa kemenangan. Zulhas menuturkan pendamping Ridwan Kamil akan dibahas oleh para ketua partai.

“Pak RK (Ridwan Kamil) siapa saja kalau menang pasti mau. Asal menang siapa saja kita akan dirapatkan ya,” ucap Zulhas.

PAN: Di KIM, Nama Ridwan Kamil Masih Kuat untuk Diusung di Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mengusung calon yang sama di beberapa daerah yang ikut Pilkada Serentak 2024.

“Kita sudah sampaikan dari awal Koalisi Indonesia Maju khusus untuk Pilkada DKI kita akan sepakat untuk mengusung pasangan calon seragam dan ini kita juga sudah sepakati di Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sudah sama-sama itu akan kita lakukan,” kata Eddy kepada wartawan, Jumat (14/6/2024).

Di Pilkada Jakarta, kata Eddy, nama Ridwan Kamil alias Kang Emil sampai saat ini masih kuat meski masih didiskusikan kembali.

“Nah khusus DKJ ini ada wacana kuat untuk mendorong Pak Ridwan Kamil, tetapi tentu itu adalah pembicaraan yang harus disepakati dimunculkan kembali. Karena Pak Ridwan Kamil, kan nanti juga akan mencari siapa yang akan jadi wakilnya,” sebutnya.

Eddy mengatakan hingga saat ini belum adanya pembahasan di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) apakah akan mengusung Anies Baswedan atau tidak. Mengingat, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga tergabung dengan KIM ingin maju bersama Anies di Jakarta.

“Tetapi kalau kita bicara hari ini kita belum ada pembahasan di internal KIM ini untuk mengusung Mas Anies, tapi sekarang belum ada. namanya politik segala sesuatu dapat berubah,” tegasnya.

“Tapi sejauh ini nama yang digadang-gadang adalah Pak Ridwan kamil dan dari PAN dari awal sudah mengatakan kita akan menyodorkan kader terbaik kita untuk DKJ Mbak Zita Anjani dalam hal ini kalau memang ada usulan-usulan yang lain tentu mungkin partai-partai KIM akan mengusulkan yang lain juga tentu kita akan membahas bersama-sama, tetapi posisi PAN sampai hari ini begitu,” sambungnya.

Kaesang soal Wacana Diduetkan dengan Anies atau Ridwan Kamil: Saya Siap dengan Siapapun

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep semakin terbuka soal kans dirinya maju di pertarungan Pilkada 2024, terlebih khusus untuk wilayah Jakarta. Hal ini merespons soal wacana dirinya akan diduetkan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

“Kalau saya ditanya siap atau enggak, ya harus siap,” kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta. Dia juga merespons siap saat ditanya peluangnya mendampingi mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga santer dikabarkan maju di Pilkada Jakarta.

“Siap juga,” ungkap putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Menurut Kaesang, di dalam politik harus melihat adanya peluang, sehingga siap dipasangkan dengan siapapun.

“Saya balik lagi, Namanya politik, kita ya enggak masalah kok dengan siapapun,” kata dia.

Sebelumnya, saat ini belum ada pembahasan soal Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep akan diusung di Pilkada Jakarta 2024 di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Menurut Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad wacana ini hanya dianggap pihaknya sebagai aspirasi saja.

“Iya, yang ada pada saat ini adalah wacana di media-media dan itu kita anggap sebagai aspirasi saja dan belum sampai pembicaraan tingkat di parpol Koalisi Indonesia Maju,” kata Dasco di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

Kaesang Pangarep: Itu Kan Versi Cerita Pak Zulhas

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pun menjawab soal dirinya dilarang maju di Pilkada Jakarta oleh Presiden Jokowi. Menurut Kaesang, itu merupakan cerita versi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.

“Itu kan versi ceritanya Pak Zulhas,” ungkap dia.

Dia pun lantas melempar balik pertanyaan ke awak media. “Terus sudah dengar cerita versi saya belum?,” tanya Kaesang. Mendengar hal tersebut sejumlah awak media meminta dia menjelaskan, namun Kaesang memilih menolak menceritakannya.

“Rahasia,” pungkas Kaesang yang kemudian beranjak pergi.

(Zs/Lptn6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini