spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Slovakia dalam Momen Kritis setelah Penembakan Robert Fico

KNews.id – Di tempat di mana seorang pria mencoba membunuh seorang perdana menteri terdapat lubang peluru dan noda darah kecil. Jejak samar momen besar yang sangat mengejutkanSlovakia. Namun target pria bersenjata itu telah melihat hal ini terjadi.

Sebulan sebelumnya, Robert Fico, pemimpin populis Slovakia, terekam dalam video yang memperkirakan ketegangan politik akan begitu akut sehingga “seorang politisi terkemuka di pemerintahan” akan terbunuh.

- Advertisement -

Kemudian, perdana menterinya sendiri tertembak. Pukulan empat kali di bagian perut dan lengan dari jarak dekat saat ia menyapa pendukungnya di sebuah kota kecil bekas pertambangan.

Upaya pembunuhan ini muncul dari iklim politik yang buruk, dan mengancam akan memperdalam polarisasi di Slovakia. Peringatan Mr Fico tentang serangan yang akan segera terjadi bukanlah komentar yang bisa diabaikan begitu saja. Dia mengulangi pemikiran tersebut kepada kepala lembaga penyiaran publik Slovakia pada waktu yang hampir bersamaan.

- Advertisement -

“Saya mengatakan kepadanya ‘Perdana Menteri, keadaannya tidak seburuk itu’,” bos RTVS Lubos Machaj mengenang percakapan tersebut setelah wawancara yang dilakukannya pada bulan April. “Dia bilang dia tidak tahu, tapi dia sudah memperingatkan para menterinya untuk berhati-hati.” Itu terjadi sekitar waktu pemilihan presiden Slovakia, yang dimenangkan oleh sekutu Fico pada putaran kedua.

Partai yang dipimpin perdana menteri, Smer, memenangkan pemungutan suara parlemen pada bulan September sebelumnya.

- Advertisement -

Selama lebih dari enam bulan, semua pihak sepakat bahwa iklim politik sangat tidak bersahabat meskipun perpecahan terjadi setidaknya pada tahun 2018, ketika seorang jurnalis yang menyelidiki tuduhan korupsi tingkat tinggi dibunuh.

Fico terpaksa mundur saat itu, di tengah protes besar-besaran. Terpilihnya kembali dirinya pada tahun lalu merupakan sebuah kemajuan besar yang dicapai berdasarkan platform yang mencakup janji untuk mengakhiri bantuan militer ke Kyiv dan memveto ambisi NATO di Ukraina, serta pembicaraan lain yang lebih mengingatkan pada Moskow daripada Brussels.

“Saya hanya bisa berharap tragedi ini akan membantu mengubah Slovakia menjadi lebih baik, jika ketegangan sudah mencapai puncaknya,” kata Machaj kepada BBC. “Tetapi reaksi pertama para politisi tidak menunjukkan hal itu.” Ada seruan mendesak untuk ketenangan dan persatuan.

Mereka dipimpin oleh Presiden Zuzana Caputova yang akan segera habis masa jabatannya, “berdiri bersama” seperti yang dia katakan, dengan pria yang akan segera menggantikannya sebagai presiden.

Pada hari yang sama, dengan seluruh kabinet berbaris di belakangnya di atas panggung, Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengulangi seruan tersebut, memperingatkan Slovakia berada di ambang perang saudara. Itu ekstrim. Namun, beberapa orang yang diwawancarai di sini menggambarkan masyarakat di mana anggota keluarga tidak lagi berbicara.

Dua “kubu” politik berjauhan, tanpa dialog. Bersama rekannya di atas panggung, Menteri Pertahanan Robert Kalinak mengatakan rakyat Slovakia perlu “belajar mentoleransi perbedaan pendapat”. Namun kedua menteri tersebut kemudian langsung menuduh politisi oposisi dan media mengobarkan permusuhan.

Beberapa kali, mereka menginstruksikan wartawan untuk “bercermin” dan memeriksa apakah mereka bertanggung jawab atas serangan tersebut. Masih sangat sedikit informasi yang dapat diverifikasi tentang calon pembunuh tersebut.

Beberapa video dan jejak yang ditinggalkan online menunjukkan profil yang membingungkan: menentang perang di Ukraina tetapi tampaknya memposting dukungan terhadap kelompok sayap kanan pro-Rusia, dan seorang penulis puisi dan prosa anti-migran.

Para menteri di pemerintahan menyebutnya sebagai “serigala tunggal”, dan bersikeras bahwa pandangannya sejalan dengan partai oposisi utama, yang telah mengalami radikalisasi. “Kebencian melahirkan kebencian,” menteri dalam negeri memperingatkan.

Pembicaraan seperti itu terdengar hampa bagi sebagian orang. “Ketika kita berbicara tentang lingkungan yang beracun, sulit untuk tidak mengatakan siapa pihak utama yang bertanggung jawab atas hal tersebut: yaitu Partai Smer,” ujar Pavol Babos, sosiolog di Universitas Comenius di Bratislava. “Saya berani bertaruh bahwa serangan akan dilakukan oleh anggota oposisi, bukan perdana menteri,” katanya.

Sekutu Fico secara terbuka menyebut Presiden Caputova sebagai “pelacur Amerika”. Perdana menteri menyebutnya sebagai agen AS. Presiden kemudian dikirimi ancaman pembunuhan yang serupa dengan pernyataan tersebut.

Segera setelah penembakan di Handlova, sebuah video pendek bocor yang menunjukkan pria bersenjata itu ditahan. Tidak jelas apakah pria berusia 71 tahun ini berbicara dengan bebas, namun ia mengacu pada tindakan pemerintah yang mensterilkan RTVS, yang menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin menjadi salah satu sumber kemarahan.

Salah satu motif serangannya. Pak Fico telah memulai proses untuk menghapuskan lembaga penyiaran publik tersebut, dengan alasan bahwa hal itu “tidak obyektif”. “Media hadir bukan untuk membuat politisi terlihat cantik,” kata Machaj, bos RTVS, menolak kritik tersebut dan menggambarkan peran timnya sebagai “yang mencerminkan kenyataan”.

Namun kini ada yang menyalahkan lembaga penyiaran atas penembakan tersebut. “Kami mendapat ancaman setiap hari dan itu serius,” kata Machaj. Dia telah disarankan untuk mendapatkan pengawal, katanya.

“Saya pernah mengalami sensor pada masa komunis pada tahun 1970an dan serangan terhadap pers pada tahun 1990an, namun saya menganggap ini adalah era yang paling berbahaya,” katanya.

Di lokasi penyerangan, rekaman polisi telah hilang. Anak-anak setempat bersepeda melintasi alun-alun. Musik menggelegar dari jendela yang terbuka dan kelas aerobik.

Beberapa puluh mil jauhnya, Fico masih dalam perawatan intensif, kondisinya dilaporkan stabil meski masih serius. Dan Slovakia berada pada momen yang sangat penting. Babos menambahkan: “Saat ini banyak hal bergantung pada Robert Fico dan sikap serta pendekatan seperti apa yang akan dia pilih, jika dia kembali.

“Apakah dia lebih agresif dan marah. Atau dia memutuskan untuk menenangkan masyarakat dan menjadi orang yang lebih positif. “Menurutku 60-40. Aku khawatir dia akan membalas dendam.”

(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini