spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Resmi PKS Usung Anies Baswedan dan Sohibul Iman Menjadi Pasangan Pilkada Jakarta

KNews.id – Jakarta – Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Partai Keadilan Sejahtera atau PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan ini diungkapkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam pidato pembukaan Sekolah Kepempimpinan Partai PKS pada Selasa, 25 Juni 2024.

- Advertisement -

“DPTP PKS melakukan rapat pada Kamis lalu dan telah memutuskan Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur,” kata Syaikhu dalam pidato yang dipantau lewat kanal YouTube PKS pada hari ini.

Usulan pasangan Anies-Sohibul disampaikan melalui surat dari Dewan Perwakilan Wilayah atau DPW PKS DKI Jakarta kepada Dewan Pimpinan Pusat PKS. Surat tersebut meminta agar menyetujui Anies dan Sohibul Iman sebagai calon gubernur dan wakil gubernur daerah Khusus Jakarta.

DPP PKS meyakini pasangan Anies-Sohibul sudah memiliki kualifikasi yang mumpuni dan serasi untuk memimpin Jakarta. “Rekam jejaknya terlihat baik. Memiliki kredibilitas dan ada kapasitas peluang untuk menang besar,” kata Syaikhu.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS memastikan akan mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini disampaikan melalui juru bicara PKS, Ahmad Mabruri.

- Advertisement -

“Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman,” kata Ahmad Mabruri.

Namun kendati lain, usulan Sohibul Iman menjadi calon gubernur Pilkada Jakarta 2024 tidak dilanjutkan. Nama Anies Baswedan lebih kuat untuk diusung PKS menjadi calon gubernur Jakarta 2024 bersama pasangan Sohibul Iman sebagai wakil gubernurnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) DKI Jakarta, Khoirudin mengatakan, PKS memutuskan akan mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024. Kepada Tempo, Khoirudin mengungkapkan keputusan ini muncul setelah rapat Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah.

Dalam rapat itu, dewan sepakat mencalonkan Anies sebagai calon gubernur. Khoirudin mengatakan hasil rapat tersebut sudah dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat PKS. “Saya selaku Ketua DPW PKS Jakarta telah rapat dengan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah, yang juga sudah kita laporkan ke DPP, bahwa calon gubernur dari PKS adalah Anies Rasyid Baswedan.

Juga beliau inkumben dan sampai hari ini belum ada perubahan,” kata Khoirudin, Kamis, 23 Mei 2024. Khoirudin mengatakan keputusan PKS mencalonkan Anies setelah penjajakan dengan mitra Koalisi Perubahan di Pilpres 2024, yakni NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa.

(Zs/tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini