Sudirman Said : Utamakan Fokus Pada Penyelesaian Masalah, Kelak Pemimpin Jakarta Yang Amanah Untuk Rakyat

0
53

KNews.id – Jakarta – Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambut baik keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) yang mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Mohamad Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Jakarta.

Sudirman mengingatkan jika pemimpin Jakarta nantinya harus fokus pada penyelesaian masalah, bukan justru menjadikan batu loncatan untuk Pilpres 2029.

“Saya memandang Jakarta dalam proses transformasi yang penting. Gubernur Jakarta mendatang harus fokus 100%. Jangan menjadikan Jakarta sekadar sebagai panggung politik, apalagi batu loncatan (menuju Pilpres 2029),” kata Sudirman Said dalam keterangannya tertulisnya.

Sudirman mengenal Sohibul sebagai pribadi yang memiliki kemampuan dan integritas. Ia menilai Sohibul memahami tugas legislasi, anggaran hingga pengawasan di DKI Jakarta.

“Saya mengenal baik Bapak Dr. Sohibul Iman. Kapasitas dan integritasnya teruji. Kapasitas kepemimpinan beliau juga sudah teruji. Bila diperlukan pemahaman atas masalah lapangan tentu kawan-kawan sekaligus kader di Fraksi PKS di DPRD DKI, akan menjadi narasumber dan input yang baik, mengingat sehari-hari melakukan tugas-tugas legislasi, anggaran, dan pengawasan di Provinsi Jakarta,” ujar Sudirman.

Sudirman pun memahami keputusan PKS memajukan kader internal di Pilgub Jakarta. Terlebih, Sohibul berhasil meningkatkan suara dan kursi PKS secara signifikan di parlemen, dari 40 kursi di 2014, menjadi 50 kursi di periode pemilu 2019.

Selain itu, kata dia, Sohibul juga memiliki pengalaman panjang di dunia politik. Sohibul diketahui telah terpilih tiga kali menjadi anggota dan sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.

“Begitu pun dengan pergaulan Pak Sohibul Iman yang luas dengan kalangan profesional maupun pelaku bisnis. Oleh sebab itu, dengan cepat beliau akan mendapatkan masukan-masukan yang diperlukan,” kata Sudirman.

Sudirman menyebut Sohibul akan fokus untuk menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta mengingat dinilai tak ada indikasi untuk melanjutkan karier politik ke jenjang berikutnya. Ia menyebut Sohibul juga memiliki relasi yang baik.

“Ada dua syarat penting yang juga dapat dipenuhi Pak Sohibul Iman untuk memimpin Jakarta. Pertama, beliau akan fokus mengurus warga, karena belum terbaca ada aspirasi untuk maju ke kompetisi politik berikutnya. Kedua, beliau akan mudah menjalin kerja sama dengan pemerintah mendatang karena keluwesan dalam interaksi politik selama ini,” katanya.

Sudirman menegaskan keputusan dirinya untuk maju dan tidak maju dalam Pilgub Jakarta bukanlah agenda pribadi. Ia terbuka kepada partai-partai lain jika memerlukan cara pandangnya terkait masalah ibu kota. “Saya hanya menyediakan diri bila partai-partai membutuhkan dan apabila saya dipandang memenuhi syarat,” ujar Sudirman.

Sudirman menyebut akan membantu partai lain jika membutuhkan pandangan dari dirinya. Ia berharap pemimpin Jakarta nantinya tak menjadikan amanah dari rakyat sebagai batu loncatan. “Sudah waktunya Jakarta diurus secara fokus oleh siapa pun yang benar-benar ingin berkhidmat bagi perbaikan kesejahteraan dan kehidupan warga Jakarta,” imbuhnya.

(Zs/dtk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini