spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Resmi! BPOM Menerbitkan Izin Pakai Vaksin Pfizer, Efikasi 95 Persen

KNews.id- Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) menerbitkan emergency authorization atau izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Pfizer guna melawan Covid-19 di Indonesia.

Vaksin Pfizer akan menjadi vaksin menggunakan platform mRNA kedua yang diberikan izin pakai oleh BPOM setelah pekan lalu lembaga ini menerbitkan izin penggunaan darurat pada vaksin Moderna.

- Advertisement -

Ketua BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin ini bisa diberikan kepada remaja 12 tahun ke atas dengan 2 kali penyuntikan dengan rentan waktu selama tiga pekan.

“Secara umum keamanan umum keamanan vaksin ini bisa ditoleransi. Efikasi usia 16 tahun ke atas 95% dan usia 12-15 tahun adalah 100%,” ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Kamis (15/7).

- Advertisement -

Vaksin ini memiliki spesifikasi yang khusus penyimpanan khusus dengan temperatur minus 60-90 derajat celcius. Pfizer sudah menyediakan alat khusus. Efek samping yang paling sering dirasakan adalah nyeri, kelelahan, sakit kepala, nyeri sendir dan demam. Efek ini dapat ditoleransi dengan baik. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini