spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Penemuan Harta Karun MRT, Emas Batangan tak Sengaja Ditemukan

KNews.id-Selama 2022 CNBC Indonesia menyuguhkan kisah penemuan harta karun di proyek MRT Jakarta, hingga menginspirasi redaksi menulis kisah-kisah besar lainnya soal penemuan harta karun yang pernah ada di Indonesia. Apa saja dan bagaimana kisahnya? simak di bawah ini.

Keberadaan ‘harta karun’ rel trem kuno ditemukan hanya sekitar 27 sentimeter dari permukaan aspal jalan di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat. Rangkaian besi dengan bantalan kayu yang diketahui peninggalan abad 18 hingga abad 19 awal itu tertimbun aspal sekitar kurang lebih 59 tahun lamanya. Ahli arkeolog menyebut, bekas jalur trem peninggalan Belanda.

- Advertisement -

Penemuan rel trem kuno ini di proyek MRT sempat terungkap beberapa kali. Ahli arkeologi dari tim ekskavasi jalur trem MRT, Charunia Arni sempat menjelaskan upaya penyelamatan sisa infrastruktur zaman Belanda tersebut dilakukan dengan cara pengeboran secara hati-hati dan teliti, serta dilakukan saat siang hari, karena rangkaian rel trem ini termasuk dalam Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini