spot_img
Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Menurut Ahli Gizi, Menu Sarapan Terbaik untuk Usia 50-an

KNews.id – Sarapan jelas tidak boleh dilewatkan. Untuk usia 50 ke atas, ahli merekomendasikan satu menu sarapan terbaik. Apa itu?

Seiring pertambahan usia, tubuh mengalami banyak perubahan baik pada elemen sel, otot, maupun tulang. Proses perubahan tidak bisa dihentikan tapi dengan pola makan yang baik, proses ini bisa diperlambat.

- Advertisement -

Agar tetap sehat dan hidup berkualitas, dietisien Amy Goodson merekomendasikan sarapan terbaik buat mereka yang berusia lanjut.

“Menu sarapan terbaik untuk dimakan setelah usia 50 tahun adalah makanan yang terbuat dari protein berkualitas tinggi,” kata Goodson mengutip dari Eat This, Not That!.

- Advertisement -

Kenapa protein sangat penting setelah usia 50?

Goodson menjelaskan semakin bertambah usia, tubuh kehilangan massa otot sekitar 2-3 persen per dekade jika tidak melakukan apa pun secara aktif. Salah satu cara terbaik mengatasi kehilangan massa otot adalah dengan makan protein berkualitas tinggi, terutama untuk sarapan.

- Advertisement -

Massa otot hilang mengakibatkan elastisitas kulit hilang dan kesulitan penyembuhan luka juga infeksi. Goodson pun menyarankan konsumsi protein di pagi hari paling tidak 25-30g untuk sarapan.

“Jumlah protein di pagi hari dapat membantu menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun dan memperbaiki otot tanpa lemak serta meningkatkan rasa kenyang beberapa jam setelah sarapan,” katanya.

Dia menyarankan usia 50 ke atas sebaiknya menyelipkan pangan tinggi protein misal, dua butir telur, kacang-kacangan, biji-bijian, keju, yogurt atau ikan. Pisang plus selai kacang juga jadi pilihan sarapan praktis. Telur bisa diolah jadi avocado toast di mana alpukat memberikan asupan lemak sehat, roti bakar menyumbang karbohidrat dan telur memberikan protein.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini