spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Kalla: Pemilu Satu Putaran Sulit, Memang Ada yang Bisa Langsung Dapat 85 Juta Suara?

KNews.id – Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Pilpres 2024 kemungkinan bakal berlangsung dua putaran. JK menilai, satu putaran sangat sulit terjadi walau itu tetap memungkinkan. Dia menekankan, akan ada 3 poros yang maju di Pilpres 2024, sehingga harus berlangsung 2 putaran.

Hal tersebut JK sampaikan setelah menjamu Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2023).   SBY Ternyata Juga Bertemu dengan JK Turut hadir istri JK, Mufidah Jusuf Kalla, eks Wakapolri Komjen (Purn) Syafruddin Kambo, dan Ketua DPP PDI-P Said Abdullah.

- Advertisement -

“Kalau putaran, kan ada 3 (poros), agak sulit juga kalau satu putaran,” ujar JK. Menurut dia, jika Pilpres 2024 berlangsung satu putaran, harus ada pasangan capres-cawapres yang langsung meraih suara minimal 85 juta. Dia lantas mempertanyakan pasangan calon mana yang bisa mendapat suara sebanyak itu di Pilpres 2024 nanti. “Kan harus dapat minimum 85 juta suara. Ada enggak calon yang bisa dapat 85 juta suara sekali (putaran)? Agak sulit ya,” tutur dia.

“Karena pemilih kira-kira 165-170 (juta). Jadi dia harus punya agak berat. Jadi kelihatannya, walaupun tetap ada kemungkinan ya, tetapi tetap kemungkinan yang terbesar mungkin dua putaran,” ujar dia. JK Minta Warga Rempang Ditolong, Luhut: Sudah Ditangani dengan Baik Sekarang Pendaftaran Pilpres 2024 semakin dekat.

- Advertisement -

Sejauh ini, setidaknya ada tiga poros yang akan maju. Pertama, poros PDI-P dengan Ganjar Pranowo sebagai capres. Lalu, ada Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto. Ada juga Koalisi Perubahan yang mendorong Anies Baswedan sebagai capres.
(Zs/Kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini