spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Bantuan Sosial Tunai Rp600.000 Siap Cair Akhir Juni 2024

KNews.id –  Bantuan sosial tunai sebesar Rp600.000 akan cair di akhir bulan Juni 2024. Namun, apakah ini adalah BLT Mitigasi Risiko Pangan? Mari kita ulas lebih lanjut dalam artikel ini.

Bantuan sosial tunai sebesar Rp600.000 dijadwalkan akan cair pada akhir Juni 2024, tepat setelah pencairan tahap 4 dari PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang saat ini masih dalam proses pencairan.

- Advertisement -

Pada awal Juni 2024, beberapa bantuan sosial seperti PKH dan BPNT tahap 4, yang dialokasikan untuk Mei-Juni, masih dalam proses pencairan. Para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari PKH dan BPNT telah mulai menarik saldo bantuan mereka sejak awal bulan ini.

Pencairan PKH dan BPNT dilakukan untuk dua bulan sekaligus melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dari bank-bank Himbara seperti BSI, BRI, BNI, dan Mandiri. Para penerima manfaat akan mencairkan saldo bansos ini di ATM menggunakan rekening KKS merah putih yang mereka miliki.

- Advertisement -

Selain PKH dan BPNT, masih ada satu lagi bantuan sosial tunai yang akan cair pada akhir bulan Juni 2024. Bantuan ini juga bernilai Rp600.000 per penerima.

Apakah Ini BLT Mitigasi Risiko Pangan?

Dilansir dari INFO BANSOS pada 6 Juni 2022, bantuan sosial tunai Rp600.000 ini adalah bantuan inflasi yang ditujukan untuk lansia dan disabilitas tunggal. Bantuan ini diperkirakan akan cair pada tanggal 30 Juni, dengan alokasi untuk April, Mei, dan Juni, masing-masing sebesar Rp200.000 per bulan.

- Advertisement -

Bantuan tunai sebesar Rp600.000 ini ditujukan untuk KPM lansia dan disabilitas tunggal yang sudah terdaftar dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) namun belum menerima bantuan lain seperti PKH dan BPNT.

Oleh karena itu, bansos tunai yang akan cair di akhir bulan Juni ini bukanlah BLT Mitigasi Risiko Pangan.

Status BLT Mitigasi Risiko Pangan

BLT Mitigasi Risiko Pangan dengan nominal Rp600.000 masih belum ada kepastian pencairannya dari pemerintah.

Sebelumnya, bansos ini dijadwalkan untuk dicairkan mulai Januari, Februari, dan Maret, namun mengalami penundaan dan perubahan durasi penyaluran menjadi April, Mei, dan Juni 2024. Hingga kini, belum ada keterangan resmi mengenai waktu pencairannya.

Meskipun hingga saat ini BLT Mitigasi Risiko Pangan belum dicairkan, harapannya bantuan ini akan segera terealisasi seperti bansos lainnya yang sudah mulai disalurkan. Informasi mengenai bansos tunai sebesar Rp600.000 yang akan cair pada akhir bulan Juni 2024 bukanlah BLT Mitigasi Risiko Pangan.

Bansos tersebut adalah bantuan inflasi yang ditujukan untuk lansia dan disabilitas tunggal yang belum menerima bantuan sosial lainnya. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi para penerima manfaat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Tetaplah mengikuti update terkini mengenai berbagai bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah agar tidak ketinggalan informasi penting.

(Zs/JM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini