spot_img
Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

BI Soal Rupiah Masih Tenang di Rp16 Ribu: Sangat Stabil, Terbaik Dunia

KNews.id – JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menanggapi terkait nilai tukar rupiah, menembus level Rp16.381 per USD atau melemah 0,68 persen dari perdagangan sebelumnya.

Menurut Perry meski sudah menembus level Rp16.300 mata uang ini masih stabil dan salah satu yang terbaik di dunia karena BI terus melakukan langkah stabilisasi nilai tukar. “Rupiah Rp16.300 tolong dilihat dari akhir tahun kemarin, Indonesia itu sangat rendah dan kalau dibandingkan dengan negara lain sangat lebih rendah dari negara lain.

- Advertisement -

Bandingkan dengan Korea, bandingkan dengan peso, bandingkan dengan bahkan Thailand, bandingkan dengan jepang. Kita depresiasi kita adalah paling termasuk yang rendah dan stabil,” ungkap Perry usai Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award.

Ekonomi RI dalam Ancaman Dia mengatakan sudah banyak yang dilakukan BI untuk menjaga rupiah, di antaranya intervensi, kemudian menarik portofolio asing ke dalam negeri hingga menjaga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Ini Rinciannya Sebelumnya, dalam sambutan Rakornas, Perry mengatakan, dalam kondisi global yang masih bergejolak ini, kebijakan moneter akan secara konsisten untuk menjaga stabilitas dengan memastikan inflasi tetap terkendali dan nilai tukar rupiah tetap stabil.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah hari ini sempat dibuka pada level Rp16.295 per USD dan pergerakan hari ini di rentang Rp16.293-Rp16.387.

- Advertisement -

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini