spot_img
Jumat, Juni 28, 2024
spot_img

Airlangga : Jokowi Punya Pengaruh pada Pilkada 2024

KNews.id – Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai Presiden Joko Widodo alias Jokowi memiliki pengaruh pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Ya, semua pemimpin punya pengaruh, apalagi Presiden,” ujar Airlangga saat ditemui usai acara hari ulang tahun ke-75 Theo Sambuaga dan peluncuran buku di Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2024.

- Advertisement -

Airlangga menyebutkan Presiden sebagai kepala pemerintahan memiliki pengaruh lantaran seluruh infrastruktur saat Pilkada 2024 disiapkan oleh pemerintah, khususnya dari segi anggaran maupun keamanan.

Meski demikian, dia berpendapat Presiden Jokowi tidak terlalu berpengaruh pada Pilkada 2024 dibandingkan dengan pemilu presiden dan wakil presiden atau Pilpres 2024, mengingat keduanya merupakan hal yang berbeda.

- Advertisement -

Menteri Koordinator Perekonomian itu menjelaskan pilkada melibatkan 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi. “Jadi yang berpengaruh besar lebih pada local wisdom,” ungkapnya.

Sebelumnya, sukarelawan pendukung Jokowi, Solidaritas Merah Putih (Solmet), membantah adanya keterlibatan dan cawe-cawe atau ikut campur Jokowi pada pilkada serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

- Advertisement -

“Fakta bukti ataupun apa pun yang selama ini diopinikan secara negatif oleh lawan-lawan politik. Kalau mau dikatakan, belum pernah ada Pak Jokowi mengintervensi,” kata Ketua Umum Solmet Silfester Matutina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Menurut dia, isu cawe-cawe Jokowi yang akan menjegal Anies Baswedan hanya ketakutan dari lawan politik saja. Silfester mengungkapkan isu itu pun pernah terjadi pada Pilpres 2024. Namun kenyataannya hal itu tidak pernah terjadi dan Anies tetap menjadi calon presiden.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu menegaskan masa kepemimpinan Jokowi akan berakhir dan berganti dengan kepemimpinan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada saat Pemilihan gubernur Pilgub Jakarta berlangsung.

“Yang nantinya akan memimpin Indonesia setelah 20 Oktober 2024 adalah Pak Prabowo dan Mas Gibran,” ujarnya.

Walaupun anak ketiga Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, juga digadang-gadang akan maju pada Pilgub Jakarta, menurut dia Jokowi telah menegaskan akan kembali ke Solo untuk menjaga cucu.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini