PKS Usung Anies-Sohibul, Masinton Tegaskan PDIP Tak Akan Buru-buru
2 mins read

PKS Usung Anies-Sohibul, Masinton Tegaskan PDIP Tak Akan Buru-buru

KNews.id – Jakarta – Politisi PDIP Masinton Pasaribu mengkritik langkah PKS yang sudah mengusung kadernya, Sohibul Iman, bersanding dengan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Masinton menegaskan tidak ada partai politik di Jakarta yang mampu mengusung paslon sendirian.

“Tidak satupun partai politik di provinsi DKI Jakarta yang perolehan suara dan kursi DPRD cukup untuk memenuhi syarat formal mengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur sendiri. Maka dibutuhkan kerjasama antar partai politik,” kata Masinton

Karena itu lah, Masinton menilai harusnya tidak ada partai politik yang terburu-buru mendeklarasikan dukungan. Dia juga menyebut pihaknya tidak akan buru-buru mengumumkan paslon yang akan didukung.

“Untuk Provinsi DKI Jakarta, PDI Perjuangan tidak mau terburu-buru mengumumkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Karena sedang menunggu hasil survei yang sedang berjalan untuk memotret aspirasi warga Jakarta tentang sosok figur yang diinginkan memimpin Jakarta,” ucapnya.

Lantas siapa yang akan didukung PDIP? Masinton menyebut pihaknya akan mengedepankan kader-kader terbaik PDIP. Komunkasi dengan partai-partai politik lainnya masih terus berlangsung.

“Sebagai partai kader, PDI Perjuangan pastinya mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk berkompetisi di setiap pemilihan kepala daerah. Entah itu sebagai Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, atau Wakil Bupati, dan Wali Kota maupun Wakil Wali Kota. PDI Perjuangan sedang menjajaki komunikasi antarpartai agar dapat bersama-sama mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Jakarta,” ujar dia.

“Proses pendaftaran masih panjang yakni sekitar akhir bulan Agustus 2024 dan komunikasi antar partai masih sangat dinamis untuk mencapai kesepakatan bersamanya,” lanjutnya.

PKS Usung Anies-Sohibul

PKS sebelumnya mengumumkan bahwa pihaknya akan mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta. Usulan duet tersebut berasal dari DPW PKS DKI, kemudian diputuskan di Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

“Oleh karena itu DPP PKS mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta, juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh ulama habaib, tokoh-tokoh lintas agama bahkan yang datang ke DPP PKS, para agamawan, para cendekiawan serta masyarakat di DKI Jakarta,” kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di Jakarta.

“Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur,” imbuhnya.

(Zs/dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *