spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Potensi Anies Baswedan Gagal Nyapres Sangat Tinggi!

Oleh: Ahmad Khozinudin (Sastrawan Politik)

KNews.id- Kamis, 10 November 2022, bertepatan dengan momentum hari pahlawan, Anies Baswedan batal dideklarasikan sebagai Capres Bersama Nasdem, PKS dan Demokrat. Nasdem yang sejak awal mencuri start mencalonkan Anies, merasa memiliki saham paling besar dalam pencapresan Anies.

- Advertisement -

Sehingga secara implisit Nasdem seperti ingin ‘memaksa’ partai lainnya untuk ikut Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai Capres bersama, bersamaan dengan momentum hari ulang tahun Nasdem yang ke-11. Nasdem ingin menjadi partai pelopor pengusung Anies. Demokrat dan PKS menyebut masih banyak yang harus dipersiapkan. Batalnya rencana deklarasi, bukan berarti batalnya koalisi.

Lagipula, Demokrat dan PKS merasa partai yang berdaulat, tidak mau tunduk dan membebek pada Nasdem. Dalam pidato sambutan acara ulang tahun Nasdem (10/11), Anies hanya menyebut PKS dan Demokrat sedang bersiap siap untuk kemudian memberikan dukungan seperti yang sudah ditempuh Nasdem. Ahmad Ali, Waketum Nasdem menyatakan proses koalisi bukanlah praktik dagang sapi, hingga perlu persiapan lebih matang.

- Advertisement -

Sementara politisi Partai Gelora Fahri Hamzah, menyebut belum dealnya para bandar sebagai sebab batalnya deklarasi Anies tanggal 10 November. Menurut Fahri, yang berkuasa sejatinya bukan partai politik, melainkan para bandar.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini