spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

6 Teh Pembakar Lemak Perut Paling Jitu, Bukan Cuma Teh Hijau

KNews.id – Sejumlah teh diketahui punya manfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara membantu proses pembakaran lemak. Berikut daftar teh pembakar lemak yang bisa dicoba.

Teh adalah minuman yang dinikmati di seluruh dunia. Wajar saja, teh bisa didapatkan dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu menyeduh atau merebus, secangkir kehangatan dari teh pun didapat.

- Advertisement -

Minum teh juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Teh untuk membakar lemak perut

- Advertisement -

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa teh dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut. Jenis teh tertentu disebut-sebut lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan jenis lainnya.

Berikut beberapa teh terbaik untuk membakar lemak perut, mengutip Healthline.

- Advertisement -

1. Teh hijau
Teh hijau telah lama dikaitkan dengan penurunan berat badan. Bukti kuat menghubungkan teh hijau dengan pengikisan lemak pada tubuh. Sebuah ulasan menemukan, teh hijau dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak perut pada penderita diabetes tipe-

Dipercaya, senyawa antioksidan pada teh hijau yang disebut katekin dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sehingga memicu penurunan berat badan.

2. Teh pu-erh
Pu-erh merupakan jenis teh hitam asal China yang telah difermentasi. Beberapa penelitian menemukan, teh pu-erh dapat membantu menurunkan gula darah dan mengatur metabolisme asam lemak.

Sebuah penelitian, misalnya, menemukan bahwa konsumsi teh pu-erh setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), trigliserida, dan kadar kolesterol.

3. Teh hitam
Ilustrasi. Teh hitam, salah satu teh pembakar lemak terbaik. (iStock/cometary)
Teh hitam biasanya mengalami oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Oksidasi sendiri merupakan reaksi kimia yang terjadi saat daun teh terkena udara hingga mengakibatkan terjadinya pencokelatan yang membuatnya jadi berwarna hitam.

Bisa dibilang, teh hitam adalah jenis teh yang paling umum tersedia di pasaran. Teh hitam juga memiliki banyak jenis. Beberapa penelitian menemukan, teh hitam efektif dalam mengendalikan berat badan.

Beberapa ahli percaya, khasiat penurunan berat badan ini didapat dari kandungan polifenol dan flavonoid pada teh hitam yang tinggi. Senyawa ini mendorong penurunan berat badan dengan mengurangi penyerapan kalori, meningkatkan metabolisme lemak, dan mengurangi stres oksidatif.

4. Teh oolong
Tak seperti teh hitam yang sepenuhnya mengalami oksidasi. Teh oolong hanya teroksidasi sebagian. Beberapa penelitian menunjukkan, teh oolong dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat laju metabolisme.

Sebuah studi, misalnya, menemukan bahwa minum teh oolong dua kali sehari selama 14 hari meningkatkan pembakaran lemak hingga 20 persen.

5. Teh putih
Tak seperti teh lainnya, teh putih terbilang minim proses pengolahan dan dipanen saat tanaman masih muda. Teh putih memiliki rasa yang halus, lembut, dan sedikit manis.
Penelitian menemukan, teh putih kaya akan katekin yang dapat membantu penurunan berat badan.

6. Teh rosella
Selain teh tradisional yang biasanya mengandung kafein, beberapa teh herbal juga punya kemampuan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah teh rosella atau kembang sepatu.

Studi menemukan, teh rosella dapat membantu mengurangi skor BMI dan mencegah obesitas. Demikian beberapa teh pembakar lemak yang paling jitu. Selamat mencoba!

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini