Kredit Macet Gen Z Tembus Rp667 Miliar, Gegara Anak Muda Coba-coba Main Pinjol
1 min read

Kredit Macet Gen Z Tembus Rp667 Miliar, Gegara Anak Muda Coba-coba Main Pinjol

KNews.id – Permasalahan mengenai generasi anak bangsa Indonesia terutama generasi Z alias gen Z rasanya tidak pernah beres. Setelah sebelumnya sekitar 9,9 juta penduduk usia muda (15-24 tahun) yang masuk dalam generasi Z berada dalam tanpa kegiatan atau youth not in educationemploymentand training (NEET) di Indonesia.

Kini Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) menyebut generasi Z (Gen Z) memiliki kebiasaan buruk, yaitu mudah berutang.

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah penyaluran pinjaman online (pinjol) dari fintech lending sebesar Rp21,67 triliun pada April 2024.

Kemudian, jika melihat dari sisi outstanding pinjaman atau pinjaman yang belum dilunasi, berdasarkan data OJK hingga April 2024, outstanding pinjaman online (pinjol) yang berasal dari perorangan tercatat sejumlah Rp57,35 triliun, yang didominasi oleh gender laki-laki dengan total outstanding pinjaman sebesar Rp25,78 triliun dan perempuan sebesar Rp31,57 triliun.

Dari sisi usia, total outstanding pinjaman online (pinjol) yang berasal dari perorangan sebesar Rp57,35 triliun, didominasi oleh usia generasi Z dengan total outstanding Rp28,86 triliun.

Dari sisi kredit macet atau menunda pembayaran lebih dari 90 hari, generasi Z mendominasi dalam kredit macet dari total outstanding pinjol dengan total Rp667,10 miliar.

Kini masih jadi PR untuk pemerintah dalam membantu generasi muda Indonesia untuk lebih produktif agar dapat menghasilkan karya dan juga pendapatan. Hal ini tentunya dapat mengurangi niatan generasi Z untuk menarik pinjol. Oleh sebab itu, Kemenkeu mendorong Gen Z agar melek untuk berinvestasi, terutama di instrumen Surat Berharga Negara (SBN). Karena menurutnya, porsi Gen Z dalam berinvestasi dalam SBN hanya 2% hingga 3%.

(Zs/cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *