spot_img
Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Doa Sholat Taubat Nasuha Zina

KNews.id –  Bagi pelaku zina, sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat taubat nasuha. Dan setelahnya, ada doa sholat taubat nasuha zina yang bisa diamalkan. Doa sholat taubat nasuha zina ini sekaligus menjadi pelengkap dalam usaha kita untuk bertaubat.

Allah Ta’ala sendiri adalah Maha Pengampun, pintu taubat terus terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin memohon ampunan dan bertaubat, termasuk bagi pelaku zina. Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

- Advertisement -

”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi).

Beberapa orang mungkin belum hapal dengan doa sholat taubat nasuha zina ini. Oleh karena itu, kami akan sampaikan lafadz doa sholat taubat nasuha zina beserta tata cara sholat taubat nasuha dalam artikel berikut ini.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Sebelum mengetahui doa sholat taubat nasuha zina. Pahami dulu sholat taubat nasuha.  Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dapat dikerjakan dalam dua rakaat. Waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, bahkan di waktu terlarang untuk sholat sekalipun, menurut Rumaysho.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

- Advertisement -

“Demikian pula shalat taubat (termasuk shalat yang memiliki sebab dan harus segera dilakukan, sehingga boleh dilakukan meskipun waktu terlarang untuk shalat).

Untuk tata cara sholat taubat sebenarnya sama seperti mengerjakan sholat sunnah pada umumnya. Hanya niat saja yang membedakannya.

Berikut adalah bagaimana tata cara sholat taubat nasuha dikerjakan beserta niat sholat taubatnya : 

1. Niat sholat taubat nasuha (cukup dibaca dalam hati):

Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’ala

“Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram.3. Disunahkan membaca doa iftitah.4. Membaca surat Al Fatihah.5. Membaca surat dari Alquran.6. Rukuk (Membaca tasbih ruku’ tiga kali).7. I’tidal (Membaca doa i’tidal).8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali).9. Duduk diantara dua sujud (Membaca doa ‘Robbighfirlii warhamnii…’).10. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali).11. Berdiri lagi dan lanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir).13. Mengucap salam.14. Berdoa mohon ampunan.

Doa Sholat Taubat Nasuha Zina

Sebagai selesai melaksanakan sholat taubat nasuha, Anda bisa membaca doa sholat taubat nasuha zina untuk melengkapinya. Anda bisa mulai doa sholat taubat nasuha zina dengan bacaan berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali dengan meresapi artinya dalam hati.

Kemudian perbanyak memlafadzkan bacaan tasbih:

Subhanallahi Wa Bihamdihi.

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Setelah itu, baru dilanjutkan dengan membaca doa sholat taubat nasuha zina seperti berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Bersungguh-sungguh untuk Taubat

Jangan pernah berputus asa untuk mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah. Karena jika kita ingin kembali mendekat kepada-Nya, dan bertekad untuk tidak mengulang dosa yang sama, berarti masih ada kesempatan bagi kita.

Ingatlah ayat di mana Allah berfirman,

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

(Zs/MRD)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini