spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Utang Jokowi Rp8.000 T, Ehhh…Bayi Baru Lahir Tanggung Rp29 Juta

Pendapatan per-Kapita Bersifat Distortif

Sementara GDP per kapita, kembali Hardjuno mengatakan, tercatat 3.892 dolar AS atau Rp60 juta per tahun alias Rp5 juta per bulan. Yang artinya setiap penduduk, dari bayi, anak kecil, ibu rumah tangga, pengangguran, mahasiswa, ayah pekerja, memiliki penghasilan Rp5 juta sebulan.

- Advertisement -

Jika rata-rata keluarga di Indonesia memiliki anggota 4 orang, maka setiap keluarga Indonesia rata-rata memiliki penghasilan Rp20 juta. Saat utang yang ditanggung tiap-tiap penduduk angkanya sudah pasti dan harus dibayar, menurutnya, pendapatan Rp60 juta setiap bayi yang baru lahir adalah angka yang distortif.

Pasalnya, Hardjuno menggarisbawahi, GDP per kapita tidak memisahkan apakah penghasilan itu dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan asing atau oleh perusahaan lokal. “Semua output ekonomi dihitung sebagai GDP,” timpal dia.

- Advertisement -

Di sinilah, kata dia, tampak betapa struktur keuangan nasional begitu memberatkan masyarakat. Hardjuno pun menegaskan pertumbuhan utang pemerintah Indonesia bisa dikatakan sudah tidak masuk akal.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini