spot_img
Kamis, Juli 4, 2024
spot_img

Untuk Perkuat Keamanan, Dirjen Imigrasi Akan Ubah Desain dan Warna Paspor Tahun Depan

KNews.id –  Jakarta – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, berencana mengubah desain dan warna paspor bagi warga negara Indonesia. Perubahan ini dipersiapkan untuk direalisasikan pada tahun berikutnya, atau 2025.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan perubahan desain dan warna paspor bagi WNI akan dilakukan pada 17 Agustus 2025. Perubahan tersebut, misalnya mencakup pemberian sinar UV atau penambahan hologram pada lembar dan halaman paspor.

- Advertisement -

“Untuk perkuat keamanannya,” Kata Silmy di Jakarta Selatan.

Ia menjelaskan, menurut aturan Internasional, setiap 3 tahun aspek keamanan paspor mesti diperkuat. Hal ini lah yang menjadi alasan dan pertimbangan Ditjen Keimigrasian melakukan perubahan desain dan warna.  Kendati begitu, Silmy tak menjelaskan rinci perubahan seperti apa yang akan dilakukan lembaganya tersebut, selain pemberian sinar UV dan penambahan hologram.

- Advertisement -

“Nanti ada detailnya, ini kan dipersiapkan ketika 17 Agustus 2025 nanti,” ujar dia. Pun, Silmy mengatakan, rencana perubahan desain dan warna paspor ini dilakukan untuk menambah semangat masyarakat untuk membuat paspor.

“Di sisi lain, kita juga ingin terus lakukan perbaikan dengan memberikan desain terbaik dan yang paling aman,” ucap dia

- Advertisement -

Sebagai informasi, sampul paspor wni saat ini, adalah berwarna tosca bagi golongan umum, sedangkan bagi golongan diplomatik, sampul paspor berwarna hitam, serta warna sampul biru untuk pemegang paspor kedinasan.

Semenyara desainnya, terpampang lambang burung Garuda berwarna emas dan keaneka ragaman flora dan fauna pada setiap lembar halaman paspor.

(Zs/tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini