spot_img
Selasa, Juli 2, 2024
spot_img

Tingkatkan Iklim Kerja yang Makin Produktif, Bank Mandiri Implementasikan Respectful Workplace Policy

KNews.id – Jakarta, Bank Mandiri berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan produktif dalam mendorong keberlanjutan perusahaan. Upaya tersebut selaras dengan Surat Edaran Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SE-3/MBU/04/2022 tentang Kebijakan Berperilaku Saling Menghargai di Tempat Kerja atau Respectful Workplace Policy (RWP) di Lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Untuk menjalankan RWP ini, Bank Mandiri telah memiliki aturan/pedoman yang mengedepankan sikap saling menghormati, bebas dari diskriminasi, kekerasan maupun pelecehan. Selain melindungi harkat dan martabat manusia, tujuan implementasi RWP juga untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman,” ujar Direktur Kepatuhan & SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya dalam keterangan resminya.

- Advertisement -

Agus menambahkan, kebijakan tersebut juga sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip Environment, Social, Governance (ESG), khususnya pada aspek sosial. Pada aspek sosial tersebut, inisiatif yang sejalan dengan pelaksanaan RWP berupa ‘Human Rights’, yakni bagaimana perusahaan mengelola dan menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kegiatan operasional.

Bank Mandiri menerima serta memperlakukan karyawan dengan setara tanpa memandang latar belakang etnis, jenis kelamin (gender), agama, maupun suku. Kebijakan kesetaraan dan keberagaman ini antara lain diterapkan sejak awal proses penerimaan karyawan, dan dilanjutkan dalam sistem pelatihan dan promosi.
“Kami percaya, keberagaman yang inklusif dapat meningkatkan kreativitas para Mandirian. Harapannya, produktivitas semakin meningkat dan terus memberikan layanan terbaik sehingga mampu mewujudkan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah,” jelas Agus.

- Advertisement -

Sementara dalam hal kesetaraan, Bank Mandiri membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi karyawan perempuan untuk berkarya. Bank bersandi saham BMRI ini memastikan seluruh pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki seluruh jabatan yang ada beserta seluruh kompensasi dan benefitnya.

Tercermin dari jumlah karyawan perempuan berkontribusi sebanyak 52% dari total SDM perseroan. Sedangkan pejabat perempuan level Assistant Vice President hingga Direktur menyumbang 46%. Tak sampai di situ, perbandingan gaji dan fasilitas karyawan laki-laki dan perempuan setara 1:1 karena didasarkan pada kinerja.

- Advertisement -

Lebih jauh, bank berlogo pita emas ini juga mendukung para karyawan perempuan melalui inisiatif Srikandi Mandiri. Beragam kegiatan yang mendukung inisiatif tersebut, antara lain sesi kepemimpinan perempuan, program mentoring bagi para perempuan, dan lainnya.

Selanjutnya dalam mendukung penerapan RWP, Bank Mandiri juga sudah memiliki Whistle Blowing System (WBS), khususnya berkenaan dengan kebijakan perlindungan bagi pelapor. Dalam menindaklanjuti adanya diskriminasi, kekerasan, maupun pelecehan, Bank telah mensosialisasikan kepada seluruh Insan Mandiri bahwa perusahaan membuka kanal pengaduan dalam bentuk website khusus di internal.

“Dari kanal pengaduan tersebut, kami akan langsung menindaklanjuti laporan yang masuk, melakukan pendampingan secara terpisah antara pihak terlapor dan pelapor, serta menjamin kerahasiaan data dan informasi terkait pelaporan tersebut,” ungkap Agus.

Jika terbukti adanya bentuk pelanggaran, Bank Mandiri akan melakukan penindakan dan memberikan sanksi sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Lebih jauh lagi, demi menjaga lingkungan kerja yang sehat bagi karyawan, baik fisik maupun psikologis, bank dengan kode saham BMRI ini mengembangkan program Well-Being yang telah terintegrasi.

Adapun program Well-Being mencakup empat bagian yang terdiri dari psychological, physical, financial, dan lingkungan kerja (workplace). Bentuk program well-being ini, antara lain tele-counselling dengan psikolog, telemedicine dengan dokter umum, dan berbagai pelatihan tentang personal finance.
Bank Mandiri menyadari bahwa karyawan merupakan aset penting sekaligus ujung tombak perusahaan dalam menciptakan produk dan inovasi, meningkatkan kepuasan pelanggan dan menangani seluruh proses bisnis perusahaan.

“Oleh karena itu, kami bertekad menciptakan suasana kerja yang kondusif, di mana kesehatan fisik dan psikologis karyawan juga ikut mendorong semangat kerja dan kesejahteraan karyawan, sehingga berdampak positif pada produktivitas dan pertumbuhan usaha berkelanjutan,” tutup Agus.
#ESGBankMandiri #RespectfulWorkplacePolicy #RWPBankMandiri #PenerapanRWP #SDMBUMN #SDMBankMandiri #TataKelolaESG #ESGGovernance #SrikandiBUMN #SrikandiMandiri

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anak untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu:

Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).

Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Juni 2023, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.327 jaringan kantor, termasuk cabang digital (smart branch), kantor cabang dan kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.034 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id

(Zs/BnkMndr)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini