spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Perusahaan Anak Jokowi Menghindari Pajak?

Tapi kedekatan antara Alpha JWC Ventures dan grup Sinar Mas juga semakin jelas. Seperti diberitakan KataData, pada Juli 2022, Alpha JWC Ventures dan Sinar Mas (bersama Grup Ciputra) berkolaborasi berinvestasi sebesar USD 3,8 juta pada startup pengajuan KPR digital yang bernama IDEAL. Maka tidak aneh bila Dosen UNJ Ubeidillah Badrun beberapa tahun lalu pernah menduga bahwa duit investasi ke Goola sebenarnya berasal dari Sinar Mas.

Mangkokku

- Advertisement -

Investasi berikutnya Alpha JWC Ventures adalah kepada Mangkokku. Nilainya cukup fantastis, total dana yang diinvestasikan selama tiga tahap ke Mangkokku mencapai USD 11,2 juta. Investasi ke Mangkokku tahap pertama adalah sebesar USD 2 juta dilakukan pada 23 November 2020. Sangat mungkin ini adalah dana yang juga bersumber dari Cayman Islands, seperti yang terjadi ke Goola. Tapi yang tak kalah menarik adalah sumber investasi kedua dan ketiga.

Investasi tahap kedua Alpha JWC Ventures ke Mangkokku sebesar USD 7 juta yang dilakukan pada 6 Juni 2022. Menariknya sumber investasi kali ini tidak hanya dari Alpha JWC Ventures, melainkan juga dari grup Emtek dan Cakra Ventures. Grup Emtek seperti diketahui, pada Juli 2022 menjual sahamnya di aplikasi dompet elektronik DANA sebesar USD 200 juta pada grup Sinar Mas (https://www.emitennews.com/news/dilepas-emtek-grup-sinarmas-tanam-modal-usd200-juta-ke-dompet-elektronik-dana). Perhatikan bahwa kedua transaksi investasi ini hanya berjarak sebulan.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini