spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Perusahaan Anak Jokowi Menghindari Pajak?

KNews.id- SOAL pajak sedang menjadi isu yang sangat menarik belakangan ini. Kaya rayanya para pejabat yang terungkap di publik adalah mereka yang menerima suap untuk meringankan kewajiban pajak orang tajir. Masih banyak oknum semacam ini yang belum terungkap. Jadi peringanan pajak bagi orang kaya sebenarnya illegal di Negara ini, makanya orang kaya banyak lari ke luar negeri mencari surga pajak.

Salah satu surga pajak di dunia adalah Caymand Island. Di daerah yang terletak di wilayah luar negeri Britania Raya, tepatnya di Laut Karibia itu memang tidak mengenakan pajak apapun terhadap entitas bisnis dan perorangan. Tempat itu menjadi favorit perusahaan multi nasional, karena tidak ada pajak korporat, tidak ada pajak properti, tidak ada pajak capital gain, pajak penghasilan sangat rendah (2%), dan kemudahan pajak lainnya.

- Advertisement -

Dalam dokumen di bawah ini disebutkan sebuah perusahaan yang Bernama Alpha JWC Ventures beralamat di Caymand Island. Dalam dokumen yang terlihat sebagai dokumen SEC (semacam otoritas keuangan AS) ini disebutkan bahwa pendirian Alpha JWC Ventures dilakukan di yurisdiksi Cayman Islands, dengan alamat pertama di 121 Church Street, Kota Grand Cayman; dan alamat kedua di Ugland House. Kedua alamat ini adalah juga alamat bagi tiga orang pendiri, yang ditulis di dokumen SEC ketiganya menjabat jabatan yang sama sebagai “Director of the General Partner of the General Partner”: Willing Ongkowidjaya, Chandra Tjan, dan Jeffrey Joe.

Alpha JWC Ventures adalah perusahaan venture capital yang menyalurkan dana sebesar USD 5 juta (Rp 70 miliar) ke Goola dan USD 11 juta (Rp 165 miliar) ke Mangkokku, keduanya adalah perusahaan rintisan milik anak-anak Presiden Jokowi.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini