spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Perusahaan Anak Jokowi Menghindari Pajak?

Li Ka Shing, seperti diberitakan, pada tahun 2017 pernah bertemu Presiden Jokowi di Hongkong dan menjanjikan akan meningkatkan investasi di Indonesia. Pada 17 September 2021, diberitakan bahwa Li Ka Shing menggelontorkan dana sebesar USD 6 miliar untuk membeli saham Indosat Oredoo, dan empat hari kemudian menyuntikkan dana USD 433 juta (bersama 3 investor lain) ke Alpha JWC Ventures untuk berinvestasi ke sektor retail di Indonesia.

Goola

- Advertisement -

Investasi pertama Alpha JWC Ventures ke perusahaan rintisan anak Presiden adalah ke Goola. Investasi dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2019, nilainya sebesar USD 5 juta. Saat itu sumber dana kelolaan Alpha JWC Ventures bersumber dari modal sendiri yang didaftarkan di Cayman Islands dan NS Solutions. Tapi karena dana NS Solutions hanya untuk investasi ke perusahaan teknologi, maka sangat mungkin dana NS Solutions tidak mengalir ke Goola. Jadi kemungkinan kuat sumber dana investasi ke Goola adalah dana modal USD 50 juta di Caymand Islands.

Dana USD 50 juta ini bersumber dari mana? Tidak dijelaskan, jadi pasti dari modal para pendiri. Siapa saja pendirinya? Salah satunya adalah Chandra Tjan, mantan orang East Ventures, perusahan ventura yang kerap bekerjasama dengan grup Sinar Mas. Grup Sinar Mas dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia. Bank Indonesia mengeluh tentang tidak kembalinya dana hasil ekspor Indonesia dari luar negeri. Bukan tidak mungkin dana para eksportir sawit seperti Sinar Mas juga parkir di wilayah surga pajak semacam Caymand Islands.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini