spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Perusahaan Anak Jokowi Menghindari Pajak?

Berdasarkan riset kami, Alpha JWC Ventures diketahui melakukan penggalangan dana (fund raising) sebanyak tiga kali: I) 6 Januari 2016 (USD 50 juta); II) 3 Juli 2018 (USD 123 juta), dan III) 20 September 2021 (USD 433 juta). Sehingga total dana yang berhasil digalang Alpha JWC Venture sebesar USD 606 juta. Jumlah investasi yang dilakukan sebanyak 98 investasi, dengan 43 merupakan “lead investment”. Alpha JWC Ventures tercatat melakukan exit dari lima investasinya.

Sumber dana Alpha JWC Venture ke-I sebesar USD 50 juta pada tanggal 6 Januari 2016 tidak menutup kemungkinan berasal dari modal pendiri saat didirikan di Caymand Island. Darimana asal dana awal Alpha JWC Ventures ini? Apakah dari korporasi besar yang menghindari pajak di Indonesia? Institusi penegak hukum seperti KPK atau PPATK sekalipun mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mengetahuinya secara pasti.

- Advertisement -

Sumber dana Alpha JWC Venture ke-II sebesar USD 123 juta pada 3 Juli 2018 berasal dari NS Solutions Corporation (anak perusahaan Nippon Steel). Pada keterangan resmi di situs Nippon Steel (https://global.nssol.nipponsteel.com/id/en/press-room.php), disebutkan bahwa investasi NS Solutions di Alpha JWC Ventures ditujukan kepada perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia dan ASEAN.

Sumber dana Alpha JWC Ventures ke III sebesar USD 433 juta pada 20 September 2021 berasal dari empat lembaga : 1) Morgan Stanley AIP; 2) International Finance Corporation; 3) Horizons Ventures (venture capital miliki taipan Hongkong, Li Ka Shing); dan 4) CTBC Bank (Taiwan). Yang perlu diperhatikan secara khusus adalah Horizons Ventures milik Li Ka Shing.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini