spot_img
Sabtu, Juni 29, 2024
spot_img

Pakar: Gaya Debat Gibran Level Terendah dalam Komunikasi

KNews.id – Perangai debat calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam ajang debat Pilpres 2024 dinilai merupakan level terendah dalam berkomunikasi.
Pernyataan menohok itu dilontarkan Ahli atau Pakar Public Relations, Muhammad Sufyan yang mengatakan bahwa sejak awal Gibran memiliki tendensi untuk menjatuhkan lawan bicaranya dalam debat semalam.
“Sebelum ke strategi (logos), saya masuk ke etika (ethos) dan kredibilitas (pathos), yang makro dulu. Gibran secara pathos bukan ahli ekonomi bisnis,” tegas Sufyan.
Dirinya menambahkan, bedasarkan ethos sendiri, memiliki intensi atau niat untuk menjatuhkan lawan bicara merupakan level terendah dalam berkomunikasi.
Padahal, ajang debat tersebut merupakan sarana adu gagasan antar cawapres, bukan untuk saling menjatuhkan.
Lebih lanjut, Sufyan turut menyinggung Gibran yang dinilainya meniru gaya Presiden Jokowi dengan menggunakan istilah atau diksi asing kepada lawan debatnya pada Pilpres 2014 dan 2019 silam.
“Ethos dan Logos tak dipakai dan ini melanjutkan sang Bapak. 2019 tiba-tiba muncul unicorn, itupun Jokowi bukan ahli digital. Benang merah keduanya bisa jadi mendapat bisikan jahat dari tim untuk mencari-cari kelemahan lawan debat dari awal,” tukasnya.  (Zs/Glr)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini