spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Hujan Protes Simpang Santa yang Diubah Heru Budi, Kapolda Metro Jaya Tutup Mulut Soal Firli Dilaporkan

Karyoto Dipulangkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri

Karyoto bersama Endar Priantoro adalah personel polisi di KPK yang dipulangkan ke Polri oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Keduanya disebut tidak sependapat dengan Firli yang memaksakan agar kasus Formula E naik ke tahap penyidikan.

- Advertisement -

Karyoto, yang sebelumnya menjabat Deputi Penindakan, kemudian dipromosikan sebagai Kapolda Metro menggantikan Irjen Fadil Imran. Adapun Endar tetap dipertahankan bertugas di KPK sebagai direktur penyelidikan.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Karyoto mempersilakan wartawan untuk memberikan apabila ada polisi atau anak buahnya yang melanggar.

- Advertisement -

“Kalau ada anak buah yang melanggar silakan diberitakan, itu bukan suatu aib. Kalau di kita ada penyakit tentunya penyakit itu harus diobati,” ucapnya.

Sebelumnya, Irjen Karyoto menyatakan pihaknya akan menelaah laporan yang masuk. Apabila laporan yang masuk dinilai layak untuk diselidiki, maka pihaknya akan melakukan penyelidikan atas laporan yang masuk tersebut.

- Advertisement -

“Kalau ada pelaporan di sini, itu kewajiban kami. Nanti akan menelaah ya, laporannya kayak apa. Kita sebagai penyidik aparat penegak hukum tentunya akan menelaah dulu, kalau layak di selidiki, kita selidiki ya untuk seterusnya,” kata Karyoto, Senin, 10 April.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar, Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ada 6 laporan yang masuk ke Polda Metro terkait kasus yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Trunoyudo belum mau memberikan informasi lebih detail soal perkara apa yang dilaporkan masyarakat soal KPK ke Polda Metro Jaya.

“Terkait laporan tersebut akan ditelaah lebih lanjut oleh Polda Metro Jaya dan mempelajari peristiwa yang dilaporkan serta kaitan pelapor dengan peristiwa tersebut,” tuturnya, Rabu, 12 Januari.

Setidaknya sejauh ini ada dua pihak yang telah melaporkan kasus di KPK ke Polda Metro Jaya.

Yang pertama adalah organisasi Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) yang melaporkan dugaan kebocoran dokumen KPK ke Polda Metro Jaya. Dokumen surat perintah penyelidikan dugaan korupsi tunjangan kinerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ditemukan di penyidik KPK saat menggeledah kantor Kementerian ESDM.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman melaporkan dua orang yang diduga membocorkan dokumen tentang pemeriksaan dugaan korupsi di Kementerian ESDM. Namun, ia enggan mengungkapkan identitas dua orang yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya itu.

Selanjutnya adalah laporan Brigadir Jenderal Endar Priantoro yang mengadukan Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa dan Kepala Biro SDM KPK Zuraida Retno Pamungkas. Endar melaporkan keduanya ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 11 April.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini