spot_img
Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Golkar Kuasai 18 Persen Kursi DPR

KNews.id – Partai Golkar memastikan menguasai 18 persen kursi DPR, setelah mengamankan 102 kursi di Pemilu 2024. Kini, seluruh tahapan Pemilu 2024 tuntas, seiring selesainya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, menuturkan, Ketua Umum Airlangga Hartarto berhasil membawa partai berlambang pohon beringin menguasai 102 kursi DPR. Artinya, Golkar menguasai 18 persen jumlah kursi wakil rakyat di Senayan.

- Advertisement -

“Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketum Airlangga, Golkar menguasai 18 persen atau mendapat 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan. Angka ini fantastis, karena perolehan naik 17 kursi dibanding Pemilu 2019,” tutur Doli.

Menurutnya, melejitnya perolehan kursi DPR RI dari partai berlambang beringin di angka 102, dilengkapi dengan kemenangan dua putra-putri terbaik Partai Golkar di sidang gugatan PHPU MK, yakni Caleg dari Dapil Jawa Barat I, Nurul Arifin, dan Caleg Dapil Papua Tengah, Soedeson Tandra.

- Advertisement -

Keduanya pun memastikan diri melenggang ke Senayan, setelah berhasil memenangkan sengketa di Dapil masing-masing.

“Ibu Nurul dan Soedeson Tandra menjadi kader yang gigih memperjuangkan kemenangan Golkar di PHPU MK. Keduanya putra-putri terbaik Partai Golkar yang telah melengkapi jumlah perolehan kursi DPR menjadi 102,” ujar Doli.

- Advertisement -

Doli yang juga Plt Ketua DPD Golkar Papua itu juga mengatakan, perolehan kursi Golkar di DPR menunjukkan masyarakat menerima dan menyetujui sikap serta kebijakan Partai Golkar selama Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia juga menegaskan, di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar konsisten mengamankan kebijakan strategis Presiden Jokowi dan berkomitmen menjaga keberlanjutan dengan mendukung penuh Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain berhasil menguasai 18 persen kursi DPR, Golkar juga merajai perolehan kursi di DPRD provinsi, menjadi partai terbanyak mendapatkan kursi DPRD Provinsi, naik 50 kursi jadi 359 kursi dari sebelumnya yang hanya 309 di Pemilu 2019. Partai beringin juga mendominasi perolehan pimpinan DPRD tingkat provinsi di seluruh Indonesia.

Raihan kursi Golkar di tingkat provinsi juga diikuti perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota. Golkar mengamankan 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia.

“Jumlah itu setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia,” kata Ahmad Doli.

Bahkan, Airlangga juga berhasil mengantarkan 120 kader Golkar menduduki kursi ketua DPRD, serta 220 kursi wakil ketua DPRD kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dalam catatan Doli, ada kenaikan jumlah perolehan kursi DPRD kabupaten/kota dari Partai Golkar sebanyak 99 kursi atau 4 persen dibandingkan Pemilu 2019 lalu sebanyak 2.422 kursi.

(Zs/Rmol)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini