spot_img
Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Fuad Bawazier Jadi Komut MIND ID & Grace Natalie Komisaris

KNews.id –  BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) tuntas menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (10/6/2024). RUPST ini mengangkat Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama (Komut) dan Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen.

RUPS Tahunan MIND ID ini juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu sebagai Komisaris yang kemudian mengangkat Grace Natalie Louisa sebagai Komisaris.

- Advertisement -

Selain adanya perubahan komisaris baru, RUPST MIND ID mencatat kinerja yang positif sepanjang periode 2023. Di mana, laba bersih mencapai sebesar Rp 27,5 triliun atau tumbuh 22,4% dari capaian tahun buku 2022 dan 36,3% lebih tinggi dari RKAP 2023.

Sementara itu, realisasi EBITDA MIND ID mencapai Rp40,3 triliun tumbuh 9,7% dibandingkan tahun 2022 dan lebih tinggi 58,7% dari RKAP 2023. Adapun Total aset MIND ID juga meningkat 13% year on year (yoy) menjadi Rp259,2 triliun dan diikuti oleh peningkatan ekuitas hingga 18% yoy menjadi Rp129,6 triliun.

- Advertisement -

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso menyampaikan pencapaian ini merupakan hasil komitmen MIND ID dan Anggota Holding untuk terus menjaga kinerja operasional perusahaan dengan optimal.

“Pencapaian ini merupakan prestasi bagi kami, dan tentunya akan terus kami jaga. MIND ID mendapat mandat dari pemerintah untuk dapat mengelola komoditas mineral Indonesia agar memiliki nilai tambah yang baik, serta mampu menjaga kondisi perusahaan agar terus berada dalam kondisi yang prima khususnya dalam mendukung berbagai program ekonomi pemerintah,” katanya.

- Advertisement -

Adapun, sepanjang Januari-Desember 2023, MIND ID telah memproduksi sedikitnya 41,90 juta ton batu bara, 15.300 ton timah ingot, 214.900 ton aluminium, 13,44 juta ton nikel, 21.500 ton feronikel, 2,01 juta ton bauksit, serta 1,2 ton emas.

Hendi menyampaikan kondisi geopolitik mampu dimitigasi oleh MIND ID dan seluruh Anggota Holding dengan baik. Upaya mitigasi dan antisipasi fluktuasi harga dan nilai tukar menjadi perhatian penting perusahaan.

“Selanjutnya, perusahaan mulai menjajaki ekspansi pasar baru, serta menjaga penguatan penetrasi pasar eksisting komoditas saat ini juga telah sisi positif bagi kami dalam mengoptimalkan penjualan dan produksi mineral Indonesia,” katanya.

Hendi memastikan ketercapaian target pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) pada Grup MIND ID termasuk strategic delivery unit sebagaimana telah ditetapkan pada RKAP 2024. “Dalam pelaksanaan PSN ini, kami akan proaktif menjalankan berbagai program percepatan sehingga mampu memberikan nilai tambah yang maksimal bagi perekonomian,” katanya.

Berikut Susunan Komisaris & Direksi MIND ID terbaru

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Fuad Bawazier

Komisaris Independen: Muhammad Munir

Komisaris Independen: Pamitra Wineka

Komisaris: Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Grace Natalie

Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direksi

Direktur Utama : Hendi Prio Santoso

Wakil Direktur Utama : Dany Amrul Ichdan

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha : Dilo Seno Widagdo

Direktur Keuangan : Akhmad Fazri

Direktur Manajemen Risiko dan HSSE : Nur Hidayat Udin

“Dengan adanya keputusan susunan pengurus ini, diharapkan mampu membawa MIND ID untuk terus konsisten menciptakan nilai tambah di industri pertambangan yang sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik dan mengedepankan keberlanjutan, serta berkontribusi aktif bagi ekonomi Indonesia ke depannya,” pungkas Hendi.

(Zs/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini