spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Tarif Listrik di April akan Naik? Ini Kata Menteri ESDM…

KNews.id- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah memutuskan tarif listrik untuk pelanggan non subsidi (Tariff Adjustment) periode April hingga Juni 2023 mendatang tidak mengalami perubahan atau tetap. Meski begitu, ia tak membeberkan secara rinci alasan tarif listrik untuk periode kuartal kedua ini tidak mengalami penyesuaian.

“Ya (tetap). He’em udah (diputuskan),” kata Arifin ditemui di Gedung Kementerian ESDM.

- Advertisement -

Seperti diketahui, tariff adjustment listrik merupakan ketentuan tarif listrik untuk pelanggan non subsidi yang dievaluasi setiap tiga bulan sekali. Ketentuan mengenai naik atau tidaknya tarif dasar listrik dalam tarif adjustment itu sesuai dengan beberapa faktor, di antaranya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) atau kurs, harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP), dan harga batu bara acuan.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa memperkirakan kemungkinan pemerintah melakukan penyesuaian harga listrik, khususnya listrik non-subsidi, mulai April 2023 mendatang. Bahkan, dirinya memperkirakan tarif listrik non subsidi untuk periode April-Juni 2023 ini kemungkinan akan mengalami penurunan dibandingkan dari tarif sebelumnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini