spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

OJK Virtual Innovation Day 2022

1. OJK INNOVATION DAY 2022 (OVID 2022)
a. OJK mulai menyelenggarakan acara tahunan OJK Virtual Innovation Day sejak tahun 2020. OVID Tahun 2021, topik yang diangkat adalah “Membangun Ekosistem Keuangan Digital yang Kuat dan Berkelanjutan di tengah Pandemi Covid 19”.

b. OVID tahun 2022 mengangkat topik “Building Trust in Digital Financial Ecosystem” dan juga merupakan pre-event Indonesia Fintech Summit (IFS) 2022. Tema ini diangkat mengingat digital trust memberikan keyakinan kepada konsumen untuk memanfaatkan layanan keuangan digital.

- Advertisement -

c. Selain memberikan keyakinan kepada pelanggan, konsumen juga semakin yakin bahwa data dan aset mereka akan dikelola dengan aman. Dari aspek bisnis, mitra bisnis juga akan lebih nyaman dengan industri keuangan digital karena mengetahui bahwa masalah privasi dan keamanan mereka ditanggapi dengan serius.

d. OVID Tahun 2022 merupakan kolaborasi antara OJK dan Asosisai Fintech yang dilakukan secara hybrid dengan beberapa sesi pembahasan bersama regulator, pelaku Fintech, serta pemangku kepentingan terkait untuk membahas: • Strategi untuk membangun digital trust dalam ekosistem digital keuangan.
• Program Peningkatan Kapasitas Suptech dan Regtech OJK sebagai salah satu Inisiatif Strategis OJK 1-2022: “Percepatan Digitalisasi OJK Dalam Rangka Optimalisasi Efektivitas Pengawasan dan Perizinan Terintegrasi dan Berbasis IT”.

- Advertisement -

• Inisiatif Automated Chatbot untuk menangani pertanyaan/keluhan konsumen.

• Modul Literasi Keuangan Digital yang ditujukan dalam rangka meningkatkan pemahaman konsumen sebelum memilih layanan/produk keuangan digital.

- Advertisement -

• Inisiatif Suptech dan Regtech untuk memastikan industri keuangan digital yang bertanggung jawab.

e. Pada OVID 2022 tahun ini, OJK juga meresmikan Digital Financial Literacy Modules, Chatbot Customer Support Technology, and OJK’s SupTech and RegTech Capacity Building dalam rangka meningkatkan perlindungan konsumen, meningkatkan literasi digital konsumen, dan meningkatkan kapasitas pengetahuan bagi pegawai OJK dalam melakukan pengawasan. Adapun pengembangan ketiga hal tersebut dilakukan bersama lembaga donosr seperti Asian Development Bank, Bill Melinda Gates Foundation, Cambridge Center for Alternative Finance, dan World Bank.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini