spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Menyebut AS Meninggalkan Emas dan Lithium Rp14.469 T di Afghanistan, CNN Diejek!

KNews.id- CNN, media yang berbasis di Amerika Serikat (AS), menuai ejekan dari para aktivis anti-perang. Musababnya, media itu menerbitkan sebuah artikel yang menyoroti hengkangnya Amerika Serikat (AS) telah meninggalkan tambang besi tembaga, emas dan lithium senilai USD1 triliun (Rp14.469 triliun) di Afghanistan.

Para pejabat militer dan ahli geologi AS pada 2010 silam mengatakan ketika AS keluar dari Afghanistan setelah misi perang 20 tahun, ia akan meninggalkan deposit mineral berharga yang belum dimanfaatkan senilai USD1 triliun.

- Advertisement -

Mineral seperti besi, tembaga, emas, dan lithium ditemukan dalam jumlah besar di sana, dan sebagian besar tetap tidak tersentuh karena keadaan negara yang tidak stabil, sesuatu yang tampaknya tidak akan berubah saat AS melanjutkan keluarnya yang kacau dari negara itu di tengah pengambilalihan Taliban.

“Afghanistan tentu saja merupakan salah satu daerah yang kaya akan logam mulia tradisional, tetapi juga logam [yang dibutuhkan] untuk ekonomi yang muncul di abad ke-21,” kata Rod Schoonover, seorang ilmuwan dan pakar keamanan yang mendirikan Ecological Futures Group, kepada CNN tentang deposit mineral.

- Advertisement -

Argumennya adalah sumber daya seperti lithium langka dan banyak digunakan dalam baterai terbarukan dan produksi mobil listrik.

Jurnalis CNN, Julia Horowitz, secara singkat melontarkan gagasan dalam sebuahartikelnya bertanggal 18 Agustusbahwa negara-negara seperti China kemungkinan menemukan cara untuk bernegosiasi dengan Taliban untuk sumber daya bernilai tinggi itu, tetapi mengakui ini sangat tidak mungkin mengingat berlanjutnya risiko keamanan dan stabilitas di negara tersebut.

- Advertisement -

Artikel itu dengan cepat menuai ledekan dari para aktivis anti-perang di media sosial. Para aktivis menganggap media itu pada dasarnya membuat argumen untuk kehadiran militer yang berkelanjutan–atau bahkan invasi ulang–dari sebuah negara yang telah diduduki AS selama dua dekade. Semua atas nama mengambil sumber daya, di mana media itu mengeklaim “kami sangat membutuhkan.”

“Oke, oke, biarkan saya berpikir. Ya. Baterai. Kita perlu membebaskan lithium yang tertekan untuk baterai isi ulang kita…Tidakkah ada yang memikirkan [perusahaan] teknologi yang buruk?” bunyi komentar aktivis anti-perang, Asfandyar Bhittani, di Twitter.

“Panggil saya sinis tetapi hampir seolah-olah CNN mencoba membenarkan invasi dan eksploitasi Afghanistan untuk mengekstraksi mineral langka tersebut. Karena, Anda tahu, itu berhasil dengan baik terakhir kali,” imbuh cendekiawan Kevin Creagh.

Ada juga jurnalis dan para pengguna media sosial yang mengecam media AS tersebut karena hanya memikirkan tambang lithium, bukan nasib perempuan dan anak-anak Afghanistan.

Upaya penarikan tentara AS di bawah mandat Presiden Joe Biden dari Afghanistan telah mendapat sorotan tajam dari kedua sisi lorong politik, dengan banyak yang menuduh pemerintah Biden bergerak maju tanpa rencana yang tepat untuk mengevakuasi warga Amerika dan sekutu militer di tengah pengambilalihan Taliban.

Biden mengeklaim dalam sebuah wawancara minggu ini bahwa pasukan AS akan tetap berada di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, sampai semua orang Amerika yang ingin melarikan diri dapat melakukannya. Dia mengakui, bagaimanapun, ada lebih banyak kesulitan karena konflik militer di sana. (Ade/sndw)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini