spot_img
Jumat, Mei 24, 2024
spot_img

Melawan Usai Dipecat Firli, Brigjen Endar Mengakui: Kita Memang Tajam di Formula E!

KNews.id- Eks Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro menyingung sikap tajam dirinya terkait pembahasan kasus Formula E dengan Ketua KPK Firli Bahuri. Akan tetapi Brigjen Endar mengakui perbedaan sikap di kasus Formula E dengan Firli dan sejumlah pimpinan KPK lainnya adalah sebuah sikap yang wajar.

Kata Brigjen Endar dirinya tak cuma sekali berbeda sikap soal Formula E saja, melainkan di sejumlah kasus perkara lain. Khusus soal kasus Formula E, benarkah Endar sampai harus bersitegang dengan Firli dan pimpinan KPK lainnya?.

- Advertisement -

“Sering beda pendapat adalah sesuatu yang wajar dalam suatu penanganan kasus. Sebab kita melihat dari perspektif masing-masing. Sebagai direktur penyelidikan, selama ini treatment kasus per kasus sebenarnya tidak ada perbedaan,” kata Endar dalam wawancara via zoom yang disiarkan di tv, dikutip Jumat 7 April 2023.

“Kalau beda hal biasa, tak hanya di kasus Formula E, dalam pembahasan kasus apapun sering ada perbedaan pendapat. Dan sebenarnya perbedaan pendapat inilah yang nantinya bakal dijadikan bahan penyempurnaan penyelesaian terhadap suatu perkara,” kata dia.

- Advertisement -

Soal perbedaan cukup tajam antara Brigjen Endar dan Firli Bahuri, dia mengakui memang betul hal tersebut terjadi. Baginya, kasus Formula E masih berproses dan belum selesai dan memang belum bisa diputuskan.

“Memang betul saya berbeda pendapat cukup tajam dengan beliau dan beberapa pimpinan, ini kan belum selesai. Kasus penanganan Formula E masih proses, belum selesai, tapi soal ada perbedaan memang hal wajar. Kalau masalah ada yang tajam, hal biasa buat kita,” kata dia.

- Advertisement -

Soal hubungannya dengan Firli, Brigjen Endar secara personal mengaku tak punya masalah. Selama ini sebagai anak buah, Endar mengaku selalu menjalani tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Hubungan saya dengan Pak Firli tidak ada masalah, termasuk dengan yang pimpinan lain. Kadang memang ada perbedaan pendapat, kadang ada kesamaan pendapat. Hal biasa. Kan kita setiap hari sering rapat dengan beliau. Jadi secara organisasi antara anak buah dan pimpinan tidak masalah,” katanya.

Akan tetapi kini dirinya mengakui kalau sangat kecewa dengan putusan pemberhentian atas tugas sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Oleh karena itu, Endar kemudian berusaha mencari penjelasan lewat pengaduan kepada Dewan Pengawas KPK, dan kini tengah melakukan gugatan hukum ke PTUN.

Dia tak mau menjawab saat ditanya apakah benar sengaja disingkirkan karena perbedaan pendapat di kasus Formula E. “Kalau merasa disingkirkan, saya enggak bisa dijawab di sini, karena terlalu subjektif.”

Brigjen Endar yang pasti nantinya akan menghormati putusan Dewas dan PTUN soal kasusnya. Dirinya hanya ingin tahu apakah mekanisme pemberhentian dirinya sudah sesuai aturan atau justru ada pelanggaran yang dilakukan pimpinan KPK. (AHM/pskota)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini