spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Jus Terbaik untuk Usia 50-an Menurut Ahli

KNews.id – Jakarta-  Jus jadi salah satu asupan penting buat mereka yang menjelang lanjut usia (lansia). Ahli memberikan beberapa pilihan jus terbaik untuk usia 50-an.
Jus mungkin bisa jadi salah satu minuman sehat. Tapi tunggu dulu, manfaat sehat akan tergantung pada jenis jus yang dipilih.

Pada dasarnya, jus bisa jadi cara yang nyaman dan murah untuk mendapatkan nutrisi bermanfaat. Jus juga bisa mencegah potensi masalah kesehatan yang muncul seiring pertambahan usia.

- Advertisement -

Namun, tak semua jus yang ada di pasaran benar-benar sehat. Beberapa jus memiliki gula tambahan yang membuatnya jadi tak sehat.

Lantas, apa jus terbaik untuk usia 50-an?

- Advertisement -

Ahli nutrisi Blanca Garcia mengatakan, jus terbaik untuk usia 50 tahun adalah campuran sayur dan buah segar, tanpa bahan pengawet atau tambahan gula.

Blanca menekankan pada jus yang terbuat dari sayuran untuk mereka yang berusia 50 tahunan. Pasalnya, jus buah hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung serat sama sekali.

- Advertisement -

“Tanpa serat yang bisa memperlambat proses pencernaan, gula darah bisa melonjak setelah minum jus,” ujar Blanca, mengutip Eat This Not That.

Sementara jus sayuran, lanjut Blanca, mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula dibandingkan jus buah.

Jus terbaik untuk usia 50-an

Serat sendiri punya peran penting bagi orang usia 50-an karena berbagai alasan. Salah satunya, perubahan pencernaan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Mendapatkan asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine juga menemukan, orang usia 50-71 tahun yang mendapatkan asupan tinggi serat memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengonsumsi serat.

Berikut di antaranya beberapa jus terbaik untuk usia 50 tahun ke atas.

1. Jus kangkung
Jus kangkung diketahui membawa manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi mereka yang berusia 50-an.

Sebuah studi dari Biomedical and Environmental Sciences menemukan, orang yang mengonsumsi jus kangkung selama tiga bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Jus brokoli
Brokoli mengandung antioksidan kaempferol. Penelitian menemukan senyawa ini dapat membantu memperlambat penurunan kognitif yang terjadi seiring pertambahan usia.

Selain itu, senyawa antioksidan juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit kronis.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini