spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Penjelasan Ahli Gizi, Daging Kambing Lebih Sehat Daripada Daging Sapi

KNews.id – Daging kambing dan daging sapi banyak dicari masyarakat Indonesia, terutama menjelang hari perayaan tertentu. Konsumsi daging kambing atau sapi diprediksi meningkat.

Pasalnya, sebagian masyarakat ingin menyajikan sajian berbahan daging. Daging sapi atau daging kambing memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, namun jika keduanya dibandingkan, manakah yang lebih sehat untuk manusia?

- Advertisement -

Ahli Gizi, Dr Samuel Oetoro MS SpGK mengatakan, nutrisi yang terdapat pada daging sapi dan daging kambing sebenarnya tak jauh berbeda. Samuel menjelaskan, kedua daging tersebut memiliki nutrisi yang umum terdapat di daging merah.

Ini Dampaknya Ilmuwan Korea Selatan Menumbuhkan Sel Daging Sapi dalam Butiran Beras  “Tapi, daging kambing itu lebih sehat daripada daging sapi,” ungkap Samuel.

Menurut Samuel, daging sapi mengandung lebih banyak nutrisi yang seharusnya dikonsumsi terbatas oleh manusia, seperti kolesterol, lemak, dan kalori tinggi. 100 gram daging kambing mengandung 75 miligram kolesterol, lebih rendah dibanding 100 gram daging sapi yang mengandung 90 mg kolesterol.

“Kita makan kolesterol sehari itu tidak boleh lebih dari 300 mg. Bahkan, untuk yang kadar kolesterolnya sudah perbatasan, paling banyak hanya boleh 200 mg sehari,” ujar Samuel. Mengonsumsi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan hipertensi.

- Advertisement -

Selain itu, kadar lemak pada daging sapi juga lebih tinggi dibandingkan dengan daging kambing. “Daging kambing itu memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada daging sapi, dan itu yang (lemak) jahat,” kata Samuel.

Samuel mengingatkan, mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak dapat meningkatkan risiko obesitas, yang artinya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan paru-paru. Samuel juga mengatakan, daging sapi mengandung kalori yang lebih tinggi dibanding daging kambing.

Terlalu banyak mengonsumsi kalori dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, stroke, kanker, dan juga penyakit jantung.  Samuel mengakui, di balik berbagai kekurangannya, daging sapi juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Samuel membeberkan, daging sapi mengandung vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada daging kambing.

“Ada zat besi yang baik untuk anemia. (Daging sapi) tinggi kalium dan magnesium juga yang bagus untuk kerja otot. Jadi di satu sisi ada lebih baik daging kambing, tapi di sisi lain bagus juga daging sapi,” jelasnya. Menurut Samuel, pilih jenis daging yang sesuai dengan kebutuhan dan upaya menyeimbangkan nutrisi untuk menjaga kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan data Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1981) dalam Soputan 2004, berikut ini perbedaan jumlah nutrisi daging sapi dan kambing per 100 gram:

Nutrisi daging kambing

– Kalori: 154,00 kal

– Protein: 16,60 g

– Lemak: 9,20 g

– Karbohidrat: 0 g

– Kalsium: 11,00 mg

– Fosfor: 124,00 mg

– Besi: 1,00 mg

– Vitamin A: 0 SI

– Vitamin B1: 0,09 mg

– Vitamin C: 0 mg

– Air: 70,30 mg

– Kolesterol: 75 mg

Nutrisi Daging Sapi

– Kalori: 207,00 kal

– Protein: 18,80 g

– Lemak: 14,00 g

– Karbohidrat: 0 g

– Kalsium: 11,00 mg

– Fosfor: 170,00 mg

– Besi: 2,80 mg

– Vitamin A: 30,00 SI

– Vitamin B1: 0,08 mg

– Vitamin C: 0 mg

– Air: 66,00 mg

– Kolesterol: 90 mg

(Zs/kmps)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini