spot_img
Minggu, Mei 12, 2024
spot_img

Hendropriyono Blak-Blakan Bicara terkait Kasus Kematian Munir Thalib!

Nama Anda kerap dikaitkan dengan pembunuhan Munir, karena saat itu Anda menjabat sebagai Kepala BIN. Bagaimana tanggapan Anda?

Saya sempat bertemu Munir. Akhirnya pertemuan itu diatur oleh radio, kalau tidak salah Kayu Manis. Yang saya ingat Ibu Maria Ulfah, almarhum Munir, dan saya. Bicara soal HAM. Saya kira dia anak pintar, bisa jadi ‘orang’. Pintar cara dia menyampaikan, antara lain soal komando teritorial, lalu soal kenapa pemerintah menindas rakyat yang harus dibela. Kenapa rakyat minoritas yang ditindas mayoritas. Beliau menjelaskan dengan sangat jelas kepada saya, sehingga saya punya pikiran bahwa sewaktu-waktu mesti bicara di BIN, lalu gagal dan lupa karena banyak sekali pekerjaan saya.

- Advertisement -

Tiba-tiba ada berita almarhum meninggal. Aduh, ini kenapa ini. Koran saya baca beritanya, sakit liver. Banyak spekulasi karena tidak logis. Lalu, loh kok arahnya ke BIN. Waduh, saya resign saja dari kepala BIN. Maksud saya, supaya tidak ada di titik dilema. Karena kalau saya Kepala BIN, nanti kalau ada pemeriksaan dikira saya halangi. Tidak bagus. Kalau saya Kepala BIN, kalau saya mau diperiksa, nanti dikira saya tidak mau diperiksa. Kalau saya keluar, saya orang biasa. Silakan periksa. Pemeriksaan berlangsung.

Saya tidak pernah hambat karena saya berhenti sebagai Kepala BIN. Saya tidak serah terima loh ke kepala BIN berikutnya. Saya serahkan kepada wakil kepala BIN. Saya berhenti supaya bebas… dan luar biasa hiruk-pikuknya. Ngeri saya itu. Saya deg-degan juga, saya takut jangan-jangan yang bunuh orang BIN. Saya tanggung jawab paling tidak moral. Ternyata informan, namanya agen luar BIN. Saya kira orang Ambon, namanya Pollycarpus. Saya tidak kenal. Tidak kenal sama sekali, namanya pun saya tidak pernah tahu.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini