spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Empat Ramalan Bunga KPR Dari Para Bankir, Berani Baca?

Bank Central Asia (BBCA)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperkirakan adanya kenaikan suku bunga kredit. Kenaikan ini bisa terjadi beberapa waktu ke depan.

Presiden Direktur BBCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, kenaikan BI rate tak serta merta mengerek kenaikan suku bunga kredit. Kenaikannya perlu mencermati posisi deposito di bank terlebih dahulu. Struktur pendanaan bank juga menjadi pertimbangan.

- Advertisement -

“Butuh waktu dua atau tiga bulan ke depan untuk penyesuaian (suku bunga kredit). Tergantung struktur pendanaan bank juga. Misal 90% deposito, satu bulan, begitu postur naik, harus ada penyesuaian,” terang Jahja.

Meski begitu, BCA saat ini memiliki dana cukup besar dan bisa bertahan. Sehingga, pihaknya belum berencana menaikkan bunga deposito.

- Advertisement -

Cuma memang, ada sejumlah hal yang juga perlu dilihat. Misalnya, sejumlah kredit yang tidak selalu tepat. Kemudian, rate yang sudah dispekati seperti KPR yang sudah tetap lima hingga enam tahun.

“Atau, proyek investasi yang sudah fix tidak berubah, frame rate juga belum berubah, tapi ada yang dikaitkan dengan deposit rate, klo dilandaskan kenaikan suku bunga average akan menyebabkan bunga kredit naik sendirinya. Dampak kenaikan BI rate tidak serta merta tapi tergantung kondisi kredit dan struktur pendanaan,” jelas Jahja. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini