spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Amanah Pembukaan UUD 1945 dalam Memilih Calon Presiden Agar tidak Membohongi, Membodohi yang Akhrnya Menyengsarakan Rakyat

Mari kita bongkar kira – kira pesan apa yang tersirat pada alenia pertama pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan :

Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

- Advertisement -

Bila saya menafsirkan alenia pertama pembukaan UUD 1944 diatas adalah amanah para pejuang bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia dalam hal memilih pemimpin presiden Indoesia, yaitu:

  • Bahwa masyarakat Indonesia harus kandidat pemimpin yang memiliki kwalisifikasi yang baik.
  • Memilih pemimpin yang memiliki kemampuan komunikasi yang berstandar internasional, hanya dengan komunikasi yang baik seorang pemimpin dapat menundukkan lobi – lobi politik internasional.
  • Tidak memilih berdasarkan fisik, ras, dan kecintaan semata.

Dapat dipahami bahwa antara kepemimpinan dan pemerintah terlihat satu kesatuan, pada dasarnya berbeda. Pemimpin adalah berkaitan dengan kepribadian dan karakter pemimpin itu sendiri, dibutuhkan kemampuan berbicara, dalam negosiasi untuk membuat suatu kebijakan, dimana dalam kebijakan pemerintah ada aktor-aktor besae politik dan swasta yang juga ikut andil dalam pembahasan sebelum menetapkan suatu kebijakan.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini